Dientry oleh admin - 02 October, 2012 - 2960 klik
Program Pekerjaan Klasifikasi dan Pemetaan Biomasa untuk Pulau Kalimantan

Puskonser (Bogor, 01/10/12)_Indonesia-Australia Forest Carbon Partnership (IAFCP) adalah Fasilitas Kemitraan Karbon Hutan Indonesia Australia yang dibiayai oleh Pemerintah Australia melalui Agensi Australia untuk Pembangunan Internasional (AusAID).

Salah satu program IAFCP saat ini adalah membangun dan menyempurnakan kerjasama jangka panjang yang sudah ada antara Indonesia dan Australia tentang pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan.

IAFCP mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan sistem penghitungan karbon tingkat nasional, sehingga mampu menyediakan data-data yang komprehensif dan kredibel mengenai emisi gas rumah kaca yang berasal dari hutan. Program yang dilakukan oleh INCAS (Indonesian National Carbon Accounting System) adalah untuk membuat landasan bagi pengukuran dan pelaporan yang transparan tentang emisi gas rumah kaca dari sektor lahan di Indonesia.

Program INCAS yang sedang berjalan sekarang adalah membuat sistem penghitungan karbon yang pertama di Indonesia, yang dimulai dengan area hutan di Kalimantan sebagai “pilot project”. Program ini dibuat dalam beberapa tahapan sampai nantinya akan mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Untuk menunjang program tersebut diatas, saat ini IAFCP menyelenggarakan lelang pengadaan jasa untuk memilih perusahaan nasional yang akan bekerja sama dengan IAFCP, pemerintah Indonesia dan tim INCAS untuk program pekerjaan klasifikasidan pemetaan biomasa untuk Pulau Kalimantan.(HK)***

Keterangan lengkap tentang lelang pengadaan jasa untuk program tersebut di atas dapat dilihat pada Lampiran.