Dientry oleh Editor - 03 December, 2012 - 2548 klik
Sosialisasi Pengembangan Persuteraan Alam di Tomohon

tomohonPusprohut (Tomohon,30/11/2012)_Pusat Litbang Peningkatan Produktivitas Hutan (Pusprohut) bekerjasama dengan BPK Manado, Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kota Tomohon mengadakan sosialisasi tentang pengembangan penelitian HHBK khususnya persuteraan alam di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Acara sosialisasi yang berlangsung di Wale Tomben Desa Rurukan, Kota Tomohon ini dihadiri oleh Kepala Pusprohut, Dr.Ir. Bambang Trihartono, MF, Asisten II Walikota Tomohon Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dra. Trusje Kaunang, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Tomohon Ir. Cory Carolese, Kepala BPK Manado, Dr. Ir. Mahfudz, MP serta perwakilan dari kelompok Tani, BPDAS Tondano dan Balai Persuteraan Alam Makassar. Selain itu hadir dari Muspida Kab. Pasraman Sumatera Barat antara lain Kadis Perkebunan dan Kehutanan, Kadis Koperasi dan Perdagangan, Kepala Badan Penyuluh dan Kepala Bappeda Kab. Pasraman Barat.

Dalam sambutan dan arahannya, Asisten II Walikota Tomohon Dra. Trusje Kaunang mengatakan bahwasanya atas nama Walikota Tomohon dirinya menyambut baik dan apresiasi atas kegiatan ini.

“Pemerintah Kota Tomohon senantiasa memberikan perhatian dan bantun baik teknis maupun non teknis kepada kelompok tani untuk menunjang kegiatan ini” ujarnya. Sementara itu menurut Dr.Ir. Bambang Trihartono, MF, Pusprohut membawa hasil litbang yang akan di kembangkan di Tomohon yaitu Budidaya Murbei dan Ulat Sutera. “Tahun depan akan dilakukan penanaman murbei di kantor BPK Manado untuk mendukung program ini”, kata Bambang.

Pada kesempatan ini peneliti Pusprohut Ir. Lincah Andriani, M.Si juga memaparkan karya ilmiah berjudul “Meningkatkan Harga Jual Kokon dengan Memelihara Hibrid Baru Ulat Sutera” yang kemudian dilanjutkan diskusi serta penyerahan secara simbolis stek murbei dan contoh hasil produk dari ulat sutera. Acara diakhiri dengan kunjungan semua pesera ke Lokasi tanaman murbei dan tempat yang akan di jadikan budidaya pengembangan ulat sutera.(MF)***

tomohon1