Dientry oleh Editor - 16 January, 2013 - 2717 klik
Sinergi Litbang dengan Dunia Pendidikan

sambojaBPTKSDA (Samboja, 15/01)_Sebagai institusi yang memiliki kesamaan dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, Litbang membuka diri untuk bersinergi dengan dunia pendidikan. Demikian salah satu hal yang disampaikan oleh Dr. Nur Sumedi ketika menerima kunjungan rombongan dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Hutan Politeknik  Pertanian  Negeri Samarinda, hari Selasa 15 Januari 2013 di ruang pertemuan BALITEK KSDA Samboja. 

Kunjungan 25 orang mahasiswa dan dosen  yang  bertajuk “Orientasi Profesi”  dimaksudkan untuk menimba ilmu yang berkaitan dengan konservasi.  Dalam kesempatan itu rombongan diajak ke Herbarium Wanariset untuk mengetahui proses-proses penyimpanan spesimen, kekayaan koleksi termasuk proses eksplorasi yang rutin dilakukan setiap tahun. 

Selanjutnya  rombongan di bawa ke tempat persemaian yang dimiliki oleh Balai  dan terakhir  rombongan bergerak  3,5 Km ke arah   KHDTK Samboja untuk menelusuri kekayaan hutan hujan tropik dataran rendah di Trek Wartono Kadri. Dalam menapaki trek sejauh kurang lebih 2 Km  di KHDK Samboja  peserta Orientasi Profesi  melihat banyak jenis meranti  dan ulin besar.   Sementara itu di seberang  Trek Wartono  Kadri  masih dalam areal KHDK Samboja terlihat sedang dipersiapkan plot untuk konservasi ek-situ ulin  seluas 125 hektar  dengan sumber benihnya berasal dari seluruh Indonesia, dan diharapkan akan menjadi Monumen Konservasi Ulin di Indonesia.

Kunjungan dari  sekolah dan perguruan tinggi ke BALITEK KSDA, merupakan tradisi yang perlu terus dikembangkan. Sebelumnya berbagai kunjungan pendidikan telah dilakukan diantaranya dari SMA di Balikpapan dan Kabupaten lain dalam rangka Studi Lapang, selain itu juga ada magang para teknisi dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan yang secara rutin dilakukan setiap tahun adalah praktik lapang dari siswa-siswa SMK Kehutanan Samarinda di KHDTK Samboja. Dalam kesempatan itu, dosen yang juga sekaligus menjadi ketua rombongan berharap agar dari BALITEK KSDA ada yang bersedia mengisi dan berbagi ilmu dalam kuliah-kuliah umum yang diadakan di perguruan tinggi mereka. (NS)***

 

sambojasamboja