Dientry oleh Rizda - 21 October, 2013 - 3510 klik
Pembentukan dan Deklarasi Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO)

Pusprohut (Jakarta, 17/10/13)_Telah dideklarasikan Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO) atau Indonesian  Researcher Union (IRU), organisasi profesi peneliti, Kamis (17/10) di Hotel Borobudur, Jakarta. HIMPENINDO tersebut di deklarasikan pada acara Pembentukan sekaligus Kongres I HIMPENINDO yang dibuka oleh Ketua LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim.

Pada deklarasi tersebut dibacakan Susunan Pengurus HIMPENINDO Tahun 2013-2018, yaitu:

Ketua Umum            : Prof. Dr. Bambang Subyanto (LIPI)

Wakil Ketua             : Dr. Hadi Sembiring (Kementerian Pertanian)

Sekretaris Jenderal   : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati  (LIPI)

Wakil Sekjen            : Dr.Asep Hidayat S.hut. M.Agr.(Litbang Kementerian Kehutanan)

Bendahara               : Ir. Syahrir Ika MM (Kementerian Keuangan)

Wakil Bendahara      : Dr. Ekowati Ratnaningsih Badan (Litbangda Sumatera Selatan)

Selain itu, pada acara tersebut juga ditetapkan 40 orang Dewan Pakar, 3 di antaranya merupakan peneliti Badan Litbang Kementerian Kehutanan, yaitu Prof.Dr. Nina Mindawati MSi, Prof. Dr. Pratiwi dan Prof. Ir. Dulsalam MM.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kongres tersebut telah menghasilkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) serta pengesahan logo HIMPENINDO. Sekitar 350 peserta kongres dari berbagai instansi maupun lembaga, baik peneliti intansi pemerintah, perguruan tinggi dan LSM menerima Kode Etika Peneliti pada kesempatan tersebut.

Dari data yang ada, sampai saat ini, jumlah peneliti yang menjadi anggota HIMPENINDO sekitar 650 orang. Hal itu disampaikan sekaligus mengumumkan bahwa pendaftaran anggota masih terbuka. Formulir pendaftaran anggota tersedia di Pusat Litbang Peningkatan Produktivitas Hutan, Badan Litbang Kehutanan atau di Kantor Sekretariat, Pusbindiklat LIPI Cibinong.

Untuk itu, diharapkan semua peneliti Badan Litbang Kehutanan mendaftar menjadi anggota HIMPENINDO. Beberapa peneliti Badan Litbang Kehutanan yang hadir pada acara tersebut, antara lain Prof. Ir. Dulsalam, MM, Dr. K. Ginoga, Dr. Dede Rohadi, Dr. Tyas Mutiara, Dr. Asep Hidayat, S.Hut., M.Agr dan Drs. Riskan Effendi, MSc. (RE)*** 

Informasi lebih lanjut:

Pusat Litbang Peningkatan Produktivitas Hutan, Badan Litbang Kehutanan

Jl. Gunung Batu No. 5, Bogor 16610, Telp. 0251 - 8631238, Fax.  0251–7520005

 

Dekralari HIMPENINDODeklarasi HIMPENINDO

Foto-foto: RE

Penulis : Riskan Efendi