Dientry oleh Rizda - 31 October, 2013 - 2247 klik
Pemasaran Hasil Litbang Kehutanan Guna Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Geltek Aek Nauli-2013BPK Aek Nauli (Asahan, 11/10/13)_Gaharu merupakan salah satu sumberdaya yang sangat berpotensi dan sedang giat dikembangkan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Terkait hal tersebut, berdasarkan data hasil identifikasi masalah kehutanan oleh Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Aek Nauli perlu dilakukan sosialisasi dan "pemasaran" hasil litbang kehutanan yang relevan untuk dapat menjawab permasalahan dan memberi solusi tepat guna bagi para penggunanya.

Untuk itu, dengan berkoordinasi dengan Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi (Puskonser) dan Dinas kehutanan dan Perkebunan Kab. Asahan, Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Aek Nauli menyelenggarakan Gelar Teknologi dan Pameran Hasil Litbang Kehutanan dengan tema “Aplikasi IPTEK Gaharu untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat” di Kab. Asahan, Sumatera Utara.

Kegiatan gelar teknologi yang dilaksanakan selama dua hari, 9-10 Oktober 2013 tersebut semula ditargetkan akan diikuti sekitar 50 orang peserta. Tetapi, antusiasme masyarakat dan instansi terkait terhadap kegiatan ini ternyata cukup tinggi, sekitar 85 peserta dari berbagai kalangan hadir pada geltek tersebut. Hal ini bukti nyata bahwa masyarakat sangat membutuhkan informasi dan teknologi dalam pengembangan gaharu budidaya untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Hari pertama, empat narasumber menyampaikan materi terkait tema, yaitu Dr. Ir. Maman Turjaman, DEA, Peneliti Mikrobiologi Puskonser, Ahmad Dani Sunandar, S.Hut, M.Si dan Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut. M.Si, Peneliti BPK Aek Nauli, serta H. Mahmudin Sani dari Forum Gaharu Indonesia Sumatera Utara. Kemudian di hari berikutnya, kegiatan tersebut dilanjutkan di lapangan dengan praktek penyuntikan inokulan pada tanaman gaharu milik masyarakat di Desa Hessa Parlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Peserta yang mengikuti geltek tersebut, antara lain beberapa kelompok tani binaan Dishutbun Asahan, Balitbangda Prov. Sumatera Utara, Perkebunan PTPN IV, Dishutbun Kab. Asahan, Disperindag Kab. Asahan, Bappeda Kab. Asahan, dan Anggota DPRD Komisi A Kab. Asahan, serta para Widya Iswara dari BDK Pematang Siantar.

 

Sumber: http://bpk-aeknauli.litbang.dephut.go.id/

Penulis : Alharis dan Risda Hutagalung