Dientry oleh Rizda - 27 November, 2013 - 2686 klik
Temu Rimbawan Sulut, Sekretaris Badan Litbang Kehutanan Sampaikan Kuliah Umum

Kuliah Umum SekbadanBPK Manado (Manado, 26/11/13)_Semangat dan motivasi untuk menanam harus jadi budaya bagi rakyat Indonesia. Demikian disampaikan Ir. Tri Joko Mulyono, MM, Sekretaris Badan Litbang Kehutanan pada kuliah umumnya kepada mahasiswa dan rimbawan Sulawesi Utara di Kampus Kima Atas Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manado, Selasa (26/11).

Hal ini senada dengan tema "Wariskan hutan yang lebih baik untuk generasi penerus bangsa" yang disampaikan Menteri Kehutanan, Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM pada Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2013.

Pada kuliah umum yang dihadiri sekitar 150 peserta, seperti akademisi (mahasiswa dan dosen prodi Ilmu Kehutanan UNSRAT), UPT Kemenhut lingkup Sulawesi Utara dan Kepala Balai lingkup Badan Litbang Kehutanan, Tri Joko juga menyampaikan pentingnya disiplin dan kewajiban menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai PNS Kementerian Kehutanan.

“Disiplin adalah hal yang tidak memerlukan biaya tetapi penting bagi kita dan ketika kita memilih menjadi seorang PNS, yang ada adalah kewajiban, bukan pilihan,” kata Tri Joko.

Kuliah umum “Tantangan Pembangunan Kehutanan dalam Perspektif Penelitian dan Pengembangan” oleh Sekbadan Litbanghut dan temu rimbawan Sulawesi Utara ini merupakan bagian dari rangkaian Workshop Rekonsiliasi Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Badan Litbang Kehutanan yang dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara pada 26-27 November 2013.

Setelah mengikuti kuliah umum sekaligus temu rimbawan tersebut, peserta diajak mengunjungi Persemaian Permanen BPDAS Tondano di kantor BPK Manado dan diakhiri dengan penanaman di Arboretum BPK Manado. Pada kesempatan ini, Sekbadan Litbanghut menanam Cempaka wasian (Elmerillia ovalis) dan menerima Sertifikat Penanaman oleh Kepala BPK Manado, Dr.Ir Mahfudz, MP. (MF)***

 

Kuliah umum SekbadanKuliah Umum SekbadanKuliah umum Sekbadan

Foto-foto: BPK Manado

Sumber: http://bpk-manado.litbang.dephut.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=178:sekretaris-badan-litbang-kehutanan-tanam-cempaka-wasian-di-arboretum-bpk-manado

Penulis : Muhammad Farid