Dientry oleh Rizda - 20 December, 2013 - 2027 klik
Pelatihan Citizen Jurnalism untuk Wujudkan Komunitas PNS Cerdas Informasi

Pelatihan Jurnalisme Warga-ManadoBPK Manado (Manado, 18/12/2013)_“Dalam citizen jurnalism, masyarakat luas (warga) diberikan tempat yang sama untuk mewartakan peristiwa,” kata Yoseph Ikanubun, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sulut saat memberikan Pelatihan Jurnalisme Warga kepada pegawai lingkup Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manado di Manado, Senin (16/12).

Pelatihan Jurnalisme Warga yang diselenggarakan selama dua hari, 16-17 Desember 2013 di Ruang Serbaguna BPK Manado ini terselenggara atas kerjasama Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Sulawesi Utara dengan BPK Manado.

Rony Adolf Buol Penasehat PPWI Sulut yang hadir saat itu mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya dari PPWI untuk mewujudkan komunitas warga yang cerdas informasi dan mampu merespon dengan baik segala informasi yang diterima melalui media massa serta dapat menyampaikan informasi melalui media massa secara baik dan benar.

”Saya sebenarnya bukan wartawan, tapi karena sering menulis akhirnya saya jadi kontributor berita untuk Kompas,” kata Rony memotivasi sekitar 30 peserta yang terdiri dari peneliti, teknisi litkayasa dan staf BPK Manado.

Senada dengan Rony, Kepala BPK Manado, Dr. Mahfudz juga mengungkapkan keinginannya agar peneliti dan karyawan BPK Manado aktif dalam mewartakan, membuat opini serta tulisan populer termasuk kegiatan penelitian-penelitian di lapangan.

"Mendiseminasikan hasil penelitian adalah tugas kita selaku UPT Litbang Kemenhut, dengan adanya pelatihan ini, saya harapkan teman-teman semakin aktif dalam membuat tulisan baik di media cetak, online maupun media lainnya," kata Mahfudz. (MF)***

 

Pelatihan Jurnalisme Warga-ManadoPelatihan Jurnalisme Warga-Manado

Foto-foto: BPK Manado

Penulis : M. Farid