Dientry oleh Rizda - 23 December, 2013 - 1983 klik
Peringati HMPI Sulut, Menhut Ajak Jaga Hutan dengan Menanam Pohon

HMPI Sulut 2013BPK Manado (Manado, 23/12/2013)_Hutan harus senantiasa dijaga. Apalagi sejak akhir tahun 2009 telah keluar perintah dari presiden tentang larangan menebang pohon di daerah yang memiliki hutan. Demikian disampaikan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara dan Bulan Menanam Nasional (BMN) di Pendopo Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Minggu (22/12).

"Mari kita menjaga hutan dengan gerakan menanam pohon," seru Zulkifli. Menurut dia, tanah Indonesia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa sangat luar biasa. Selain memiiki aneka ragam flora dan fauna, ekosistem satu daerah dengan daerah lainnya pun berbeda.

Senada dengan Zulkifli, Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang juga hadir dalam acara puncak HMPI Sulut mengatakan bahwa ekosistem di Minahasa Utara merupakan kawasan hutan hijau yang harus tetap dijaga oleh masyarakat Minahasa Utara. Namun Hattta mengakui kalau daerah lainnya banyak hutan yang tak dijaga.

"Masyarakat Minahasa sangat menjaga kawasan hutannya. Saya temukan di beberapa daerah, hutannya tak sehijau Minahasa Utara," kata Hatta.

Karenanya, Zulkifli Hasan berharap budaya menanam pohon dari masyarakat Minahasa Utara perlu ditiru oleh masyarakat lainnya di Indonesia. "Perlu ditiru dan menjadi gaya hidup," tegas Zulkifli.

Zulkifli juga menegaskan kembali target menanam pohon yang dicanangkan pemerintah setiap tahun sebanyak 1 miliar pohon, sementara tahun 2013 ini pemerintah mencanangkan 2 miliar pohon. "Ini semua demi Indonesia hijau," kata Zulkifli.

Di acara puncak HMPI Provinsi Sulawesi Utara ini, BPK Manado melalui salah satu penelitinya, Lis Nurani, S.Hut juga mempresentasikan hasil penelitiannya, yaitu tentang beberapa tanaman hutan yang berpotensi sebagai obat. (MF)***

 

HMPI Sulut 2013HMPI Sulut 2013HMPI Sulut 2013

 

Foto-foto: BPK Manado

Penulis : M. Farid