Dientry oleh Rizda - 20 February, 2014 - 2224 klik
Menyambut Pertemuan Komite Pengarah FCPF Indonesia Ketiga

Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) adalah salah satu program pendanaan multilatera yang dikelola World Bank. Salah satu aktifitas FCPF adalah membantu negara-negara berkembang dalam upaya mitigasi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan, meningkatkan serapan karbon, konservasi, dan pengelolaan hutan lestari.

REDD+ Readiness Preparation adalah program FCPF di Indonesia yang berlangsung dalam kurun waktu 2011-2014. Institusi yang melaksanakan kegiatan ini di Indonesia adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Cq. Pusat Litbang Perubahan Iklim dan Kebijakan - Puspijak), Pusat Standarisasi dan Lingkungan (Pustanling), Dewan Kehutanan Nasional (DKN) dan World Bank.

Untuk menjamin agar kegiatan-kegiatan REDD+ Readiness Preparation dapat dilaksanakan dengan baik, didesain dan dibuat sebuah struktur organisasi yang mengakomodir adanya mekanisme perencanaan, pelakanaan kegiatan evaluasi dan monitoring yang berkesinambungan. Pada struktur organsiasi REDD+ Readiness Preparation, keputusan tertinggi untuk melaksanakan kegiatan berada pada Tim Pengarah Program atau Program Steering Committee (PSC).

Tahun 2014 merupakan tahun terakhir pelaksanaan kerjasama REDD+ Readiness Preparation dalam kerangka Program FCPF-World Bank, oleh karena itu pertemuan steering committe yang direncanakan pada tanggal 12 Pebruari 2014 memiliki nilai yang strategis. Maksud dari pertemuan steering committe ini adalah melaporkan hasil kegiatan TA 2013, menyampaikan usulan kegiatan FCPF tahun 2014, dan juga membahas agenda-agenda penting lainnya kepada anggota Komite Pengarah FCPF Indonesia. Sedangkan tujuannya adalah untuk menentukan arah strategis pelaksanaan kegiatan FCPF TA 2014

Pertemuan Komite Pengarah FCPF Indonesia Ketiga tersebut akan dilaksanakan di Hotel Sahid- Jakarta pada tanggal 12 Februari 2014. Peserta dari pertemuan ini adalah anggota Steering Committee Meeting, Pejabat terkait, Peneliti bidang perubahan iklim dan kebijakan, Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Tim FCPF PUSPIJAK, Tim FCPF Pustanling dan Tim FCPF Dewan Kehutanan Nasional.

Pertemuan akan dilaksanakan dalam bentuk presentasi dan diskusi untuk mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh institusi pelaksana. Forum akan diawali dengan presentasi terhadap capaian kegiatan sepanjang tahun 2013 oleh para institusi pelaksana dan berbagai tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan kegiatan, kemudian diikuti dengan sesi diskusi untuk membahas pelaksanaan kegiatan FCPF di tahun 2013 dan menyampaikan pandangan berkenaan dengan opsi-opsi penting bagi implementasi kegiatan di tahun 2014.

 

Sumber: http://fcpfindonesia.org/berita-147-.html