Dientry oleh priyo - 03 November, 2014 - 3585 klik
Peneliti Makassar Kembangkan Isomik untuk Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang

FORDA (Makassar, 29/10/2014)_Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Makassar mengembangkan isolat jamur atau mikoriza yang mampu mendukung upaya rehabilitiasi tambang di Sulawesi. Isolat mikoriza atau yang biasa telah dikenal dengan istilah Isomik Mk1 merupakan salah satu produk unggulan BPK Makassar.

“Salah satu kegiatan penelitian integratif unggulan (PIU) dari BPK Makassar adalah pengembangan mikoriza berupa koleksi mikoriza dari beberapa tipe tapak,” ungkap Ir. Misto MP, Kepala Balai Penelitian Kehutanan Makassar, pada hari Rabu (29/10)

Isomik Mk1 produk unggulan BPK Makassar sendiri merupakan isolat fungi mikoriza arbuskula hasil isolasi dari tanah lahan bekas tambang kapur.  “Di wilayah Sulawesi ini banyak tambang, terutama bahan baku semen (batu kapur) dan nikel. Upaya rehabilitasi bekas tambang ini menjadi prioritas penelitian kami terkait konservasi dan rehabilitasi lahan,” papar Misto.

Mikoriza adalah asosiasi simbiotik antara fungi mikoriza dengan akar tanaman. Kegunaan fungi mikoriza adalah asosiasi fungi mikoriza pada akar tanaman akan memperluas bidang penyerapan akar sehingga meningkatkan ketersediaan unsur hara terutama fosfor dan ketahanan tanaman terhadap kekeringan serta dapat meningkatkan resistensi terhadap serangan pathogen akar.


Isomik Mk1 sendiri dikembangkan oleh peneliti Retno Prayudyaningsih S.Si., M.Sc, yang memiliki kepakaran Mikrobiologi. Hasil penelitiannya menyatakan penggunaan isomik cukup efektif dalam mendukung pertumbuhan Sesbania sericea dan Vitex cofassus di lahan bekas Tambang Kapur, PT. Semen Tonasa. “Isomik Mk 1 juga telah digunakan dalam mendukung rehabilitasi lahan bekas tambang nikel, PT. AMI Buton,” tulisnya.

Produk unggulan BPK Makassar telah diaplikasikan oleh stakeholders terkait. Hal ini tidak lepas dari banyaknya sosialisasi hasil penelitian terkait Isomik Mk 1, di antaranya mengikuti pameran hasil penelitian BPK Makassar, pameran iptek 2012, pameran kemenristek 2012 dan gelar teknologi Gowa 2012.

Keberhasilan BPK Makassar dalam menciptakan produk unggulan yang bisa diaplikasikan oleh pengguna dalam upaya rehabilitasi bekas tambang merupakan bukti keseriusan dalam memenuhi visi dan misinya. Harapan ke depan, BPK Makassar akan terus menghasilkan produk-produk unggulan dalam bidang rehabilitasi lahan, khususnya lahan bekas tambang di Sulawesi.

“BPK Makassar adalah salah satu UPT Badan Litbang Kehutanan yang memiliki visi menjadi lembaga penyedia iptek terbaik dalam rehabilitasi hutan dan lahan, konservasi jenis dan kebijakan hutan untuk wilayah kerja. Wilayah kerja meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Maluku,” ungkap Misto ***(JND)

 

Hubungi lebih lanjut:

Retno Prayudyaningsih, S.Si, M.Sc

Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Makassar

URL : http://bpk-makassar.litbang.dephut.go.id atau  atau http://www.balithutmakassar.org 

Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 16,5  Makassar 90243, Telp. 0411 - 554049, Fax.  0411 - 554058

 

Hasil Workshop Penulisan Populer (Berita) kerjasama antara FORDA dengan CIFOR

Juara 1 latihan ke-2 (kategori berita hasil konfrensi pers dengan Kabalai BPK Makassar) atas nama Junaidah (BPK Banjarbaru)

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

Penulis : Junaidah