Dientry oleh priyo - 11 November, 2014 - 2501 klik
Pegawai Badan Litbang harus Disiplin dan Bisa Bekerja dalam Tim

FORDA (Cisarua, 11/11/2014)_Ir. Tri Joko Mulyono, MM, Sekretaris Badan Litbang Kehutanan (Sekbadan) menyerukan kepada seluruh pegawai lingkup Sekretariat Balitbanghut untuk selalu disiplin dan bisa bekerja dalam tim/kelompok. Hal ini disampaikan pada acara pembinaan pegawai di Ruang Rapat Cendrawasih I, Taman Safari Garden, Cisarua Bogor (Senin, 10/11).

“PNS adalah pilihan hidup bagi kita semua. Konsekuensinya kita harus terima gaji yang serba cukup atau tidak terlalu besar dan tidak kecil. Mari kita bersyukur. Bukti syukur jadi PNS adalah disiplin. Tidak ada yang lain, disiplin tidak perlu modal,” kata Sekbadan

Lebih lanjut, Sekbadan menegaskan bahwa dalam suatu pekerjaan itu semua adalah penting. Tidak ada orang penting dan tidak ada orang yang tidak penting. Apabila seseorang itu merasa bahwa dirinya adalah orang penting atau sangat hebat, itu berarti bahwa orang tersebut mengalami krisis percaya diri.

“Saya tidak perlu orang pintar. Tetapi saya mau orang yang bisa bekerjasama atau teamwork. Dengan teamwork yang kuat, Kita bisa menyelesaikan apapun,” tegas Sekbadan.

Pembinaan pegawai lingkup Sekretariat Balitbanghut yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 10 – 11 November 2014 bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan komunikasi diantara pegawai Sekretariat Balitbanghut. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai.

“Ini adalah kegiatan rutin tetapi ini bukan rutinitas. Kita perlu berinteraksi di luar jam kantor dan menanggalkan jabatan. Mari kita berinteraksi sebagai manusia, tanpa topeng. Saya berharap setelah kegiatan ini kinerjanya lebih baik, “ kata Sekbadan.

Untuk lebih meningkatkan kekompakan pegawai, diadakan kegiatan ramah tamah dengan menghadirkan band dari Balai Penelitian Teknologi PerbenihanTanaman Hutan  (BPTPTH) Bogor dan juga beberapa game atau permainan secara kelompok.

Pada akhir acara, Sekbadan berharap bahwa suasana kekeluargaan yang sudah terjalin sebisa mungkin dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Apabila ada masalah, harus segera dicari jalan keluarnya.

“Setiap ada masalah harus dikomunikasikan. Jangan biarkan masalah yang ada terus hidup tetapi segera diselesaikan,” kata Sekbadan.

Terkait dengan peleburan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekbadan berharap bahwa semua pegawai tetap tenang dan jangan merasa kerja di Litbang tetapi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).***(THS)

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency

Penulis : Tri Hastuti Swandayani