Dientry oleh priyo - 11 December, 2014 - 2623 klik
Apresiasi Menteri LHK terhadap Hasil Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

FORDA (Yogyakarta, 11/12/2014)_Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) mengapresiasi hasil-hasil yang telah dicapai terkait dengan pemanfaatan DNA untuk kegiatan lacak balak kayu, kegiatan kultur jaringan untuk memperbanyak jenis-jenis unggul dan jenis-jenis langka serta  penyediaan IPTEK benih unggul yang dapat mendorong percepatan pembangunan hutan tanaman, restorasi ekosistem dan antisipasi perubahan iklim.

Hal tersebut disampaikan pada saat kunjungan kerja Menteri LHK ke Yogyakarta dan mengunjungi Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Yogyakarta, Rabu (19/11). Sebagai penyedia IPTEK Benih Unggul, BBPBPTH terus melakukan penelitian implementatif dengan para pihak melalui  jejaring kerja yang telah dibangun  untuk pengembangan benih unggul dll.

Menteri berharap jejaring para pihak terus diperkuat kuat untuk mendorong penggunaan benih unggul sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani hutan dan mengatasi degradasi hutan. Dalam kunjungannya Menteri LHK berkesempatan melihat dan berdialog di Laboratorium DNA,  Laboratorium Kultur Jaringan, Pameran Hasil Litbang dan Persemaian. 

Salah satu jejaring kerja BBPBPTH Yogyakarta yaitu dengan PT.Sinarmas Forestry. Kerjasama tersebut dalam bidang konservasi, bioteknologi dan pemuliaan terus digalakkan untuk membangun hutan tanaman yang lestari. Kerjasama konservasi  jenis endemik langka seperti ramin telah dilakukan mulai dari pengumpulan materi genetik ramin dari berbagai populasi di Indonesia, kegiatan di persemaian, perbanyakan tanaman sampai pada pembangunan plot konservasi.

Demikian halnya dibidang pemuliaan telah dibangun uji keturunan generasi ke 3 yang akan menghasilan generasi unggul jenis Eucalyptus pellita dan pengembangan hibrida  Acacia mangium dan Acacia Auricuriformis untuk mengantisipasi serangan penyakit yang telah terjadi pada Acacia mangium dan Acacia crasicarpa.

Beberapa kegiatan lain yang dilakukan adalah kegiatan bioteknologi dan kultur jaringan  untuk mendukung pengembangan benih unggul untuk pertanaman sekala produksi. Inisiasi baru akan dikembangkan untuk  pengembangan jenis-jenis alternatif di daerah rawa gambut.

Pada akhir kunjungan  Menteri LHK meresmikan laboratorium kultur jaringan, menanam pohon kenangan dan mencoba mobil berbahan bakar biodisel yang dihasilkan oleh peneliti Balai Besar.***(MHM).

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

Penulis : Mahfud Mochtar