Dientry oleh priyo - 29 December, 2014 - 1893 klik
Hari Menanam Pohon Indonesia 2014 di Manado

BPK Manado (Manado, 24/12/2014) Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manado selaku Koordinator UPT beserta UPT Kementerian Kehutanan dan Dinas Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (23/12) mengadakan acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa, Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Djouhari Kansil, MPd. Dalam sambutannya Wagub mengingatkan bencana banjir bandang yang melanda Sulawesi Utara pada 15 Januari 2014 agar tidak kembali terulang.  Untuk itu perlu peningkatan peran pemerintah kabupaten/kota untuk dalam menjaga dan mengawasi hutan dan fungsinya.

“Sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam ini sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,” ungkapnya.  Beliau juga berpesan untuk terus menyukseskan Gerakan Masyarakat Tanam Cempaka dan Jabon (Gemasta Cempabon).

Rangkaian acara pada peringatan HMPI 2014 ini adalah :

- Penanaman bibit pohon dan pemberian sertifikat

- Pelepasan burung nuri dan tekukur

- Pemberian buku Kiprah Kehutanan dalam 50 Tahun Prov.Sulawesi Utara kepada Wagub

- Ucapan selamat dan doa kepada wagub yang tepat berulang tahun ke-56.

Hari Ulang tahun ke-56 ini akan menjadikan momen yang tidak akan terlupakan bagi Wagub, dimana pada hari ulang tahunnya dirayakan secara sederhana bersama para rimbawan Sulawesi Utara dan melakukan penanaman bibit pohon bersama dan pelepasan burung yang memberi kesan tersendiri.

Pada HMPI 2014 ini juga, Ir. Muh. Abidin, M.Si, Kepala BPK Manado beserta Eselon III lainnya turut menanam bibit pohon di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa tersebut sekaligus mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Wagub Sulawesi Utara.

Harapan kedepan, Pemerindah Daerah, Dinas Kehutanan baik provinsi maupun kabupaten/kota serta UPT Kementerian Kehutanan di Sulawesi Utara dan stakeholder terkait dapat saling bersinergi menjaga hutan dan lingkungan di bumi nyiur melambai ini. ***(Rinto Hidayat)

Sumber / Artikel terkait:

Website Balai Penelitian Kehutanan Manado

HMPI 2014 Gunung Tumpa, Manado, Sulawesi Utara

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

Penulis : Rinto Hidayat