Dientry oleh priyo - 01 January, 2015 - 4903 klik
Kegiatan Pertiwana Nasional 2014 Lahirkan Beberapa Inovasi Baru

FORDA (Jakarta, 29/12/2014)_Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Wanabakti (Pertiwana) Tingkat Nasional IV Tahun 2014 yang berlangsung selama 5 hari pada tanggal 15 – 20 Desember 2014 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, berhasil melahirkan 3 Inovasi baru di Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ketiga inovasi tersebut adalah a). Pemanfaatan konus Pinus merkusii sebagai briket bahan bakar alternatif bagi masyarakat sekitar hutan karya Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng; b). Bahan pewarna alami kayu asal Kampung Mbenti Distrik Minyambouw Kabupaten Manokwari karya SMK Kehutanan Manokwari, dan c). Inovasi pengolahan hasil tanaman bawah tegakan dengan tanaman hutan beserta limbahnya menjadi permen uwuh karya Kwarda DIY.

“Ketiga inovasi terbaik tersebut telah melewati seleksi yang sangat ketat. Pada awalnya ada sekitar 21 karya ilmiah yang lolos dalam seleksi awal dewan juri. Tapi pada akhirnya, hanya terpilih tiga inovasi terbaik tersebut,” kata Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc, Kepala Pusat Pengendalian Kehutanan Regional 1 (Kapusdal Regional 1), Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan.

Dewan juri pada lomba tersebut adalah Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc, Dr. Rufiiee dan Yuzak Manitis (Saka Wanabakti). Sedangkan Peserta lomba berasal dari SMK Kehutanan Negeri (Manokwari), Saka wanabakti (Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi selatan), dan kwarda ( Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Jambi, DIY, Sulawesi Tenggara, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bali, Sulawesi Barat, Lampung, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta)

“Untuk meningkatkan minat generasi muda dalam penelitian bidang lingkungan hidup dan kehutanan, mohon kiranya 3 (tiga) peserta dari inovasi tersebut dapat dilibatkan pada kegiatan atau penelitian yang relevan di Balai Penelitian Kehutanan terdekat,” kata Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc, Kapusdal Regional , sekaligus juri dalam Karya Ilmiah Inovasi Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Diketahui bahwa Lomba Karya Ilmiah Inovasi Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan salah satu kegiatan perlombaan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan acara Pertiwana Tingkat Nasional IV Tahun 2014 dengan tema “One Scout One Tree” (satu pramuka satu pohon).  Selain perlombaan karya tulis ilmiah juga dilaksanakan perlombaan lainnya, yaitu fotografi, pemilihan putra-putri rimbawan, poster lingkungan hidup dan kehutanan, green pen award (cerita rimba), penyuluh kehutanan berbabis seni tradisional, kegiatan pemecahan World Record.

Pertiwana Nasional adalah perkemahan bakti sekali dalam 5 tahun yang bertujuan untuk pembinaan pramuka penegak (tingkat SLTA) dan pandega (tingkat mahasiswa) dan merupakan kegiatan bakti yang melakukan berbagai aktifitas bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. Pertiwana Nasional IV tahun 2014 memiliki arti penting bagi pramuka sebagai upaya mengabdikan diri kepada masyarakat dan memupuk rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian antar peserta melalui perkemahan. Selain kegiatan perlombaan, juga diadakan kegiatan festifal dan penananaman pohon.

 

Materi pemenang karya ilmiah  bisa di download pada link berikut:

  1. Pemanfaatan konus Pinus merkusii sebagai briket bahan bakar alternatif bagi masyarakat sekitar hutan karya Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng
  2. Bahan pewarna alami kayu asal Kampung Mbenti Distrik Minyambouw Kabupaten Manokwari karya SMK Kehutanan Manokwari
  3. Inovasi pengolahan hasil tanaman bawah tegakan dengan tanaman hutan beserta limbahnya menjadi permen uwuh karya Kwarda DIY
Penulis : Tri Hastuti Swandayani