Dientry oleh priyo - 04 January, 2015 - 8874 klik
Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia

FORDA (Bogor, 05/01/2015)_ Salah satu kendala yang dihadapi dalam perbenihan adalah masih lemahnya sistem informasi perbenihan, sehingga diperlukan informasi yang bebas dan terbuka bagi para pengguna benih. Oleh karena itu, keberadaan atlas benih ini sangat bermanfaat bagi pengguna untuk memperoleh informasi perbenihan berbagai jenis tanaman hutan.

Badan Litbang Kehutanan telah menerbitkan risalah benih 139 jenis tanaman hutan yang dimuat dalam 6 jilid buku Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia. Atlas Benih ini diterbitkan oleh Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BPTPTH), Bogor.

Jenis yang disajikan adalah berbagai jenis tanaman hutan yang berpotensi dan menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat. Risalah benih ini menyajikan informasi sebaran tumbuh; musim buah; pengumpulan, ekstraksi, penyimpanan dan perkecambahan benih; pencegahan hama dan penyakit; serta persemaian. Atlas benih ini dapat memandu masyarakat, khususnya pengguna benih dalam menangani benih sampai ke persemaian serta memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi lahan yang ada.

Penyusunan atlas ini berdasarkan data hasil penelitian, baik yang dilaksanakan Badan Litbang Kehutanan maupun hasil penelitian pihak terkait yang kemudian dilakukan pengkajian secara komprehensif. Jilid I menyajikan risalah 23 jenis tanaman hutan cepat tumbuh dan lambat tumbuh yang populer dalam pengembangan hutan tanaman, namun memiliki potensi kegunaan kayu yang besar dan menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat. Jilid II terdiri dari 26 jenis tanaman hutan yang merupakan kelanjutan dari jilid I.

Jenis andalan setempat/yang unggul, jenis serba guna dan jenis pohon kehidupan yang terkait erat dengan program hutan rakyat, disajikan dalam atlas jilid III. Khusus jenis andalan setempat/yang unggul di Jawa Barat, disajikan dalam atlas jilid V. Sedangkan atlas jilid IV merupakan edisi khusus yang memuat risalah benih 25 jenis tanaman hutan rakyat.

Pada atlas jilid VI, disajkan informasi mengenai teknik pembiakan vegetative dari 15 jenis pohon hutan, yang meliputi stek, cangkok, okulasi dan kultur jaringan yang telah diteliti dan dipraktekkan dilapangan.Informasi detil terdapat dalam buku Atlas Benih Jilid I s/d VI yang diterbitkan oleh Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan Bogor

 

 

 

Materi terkait :

  1. Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid I
  2. Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid II
  3. Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid III
  4. Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid IV
  5. Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid V
  6. Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia Jilid VI

 

Penyusun : Peneliti BPTPTH Bogor

Unit Kerja : Balai Penelitian Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BPTPTH) Bogor

E-mail      : bptpbogor@dephut.go.id dan bpt.pth@forda-mof.org

Gambar   : Koleksi Rina Kurniaty

Info detil  : www.forda-mof.org/publikasi

 

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

Penulis : Priyo Kusumedi