Dientry oleh priyo - 06 January, 2015 - 6637 klik
Atlas Rotan Indonesia

FORDA (Pustekolah, 07/01/2015)_Rotan merupakan hasil hutan yang memiliki nilai ekonomi tinggi setelah kayu. Indonesia merupakan salah satu negara  penghasil rotan terbesar di dunia. Sebanyak 8 dari 13 marga rotan yang ada di dunia terdapat di Indonesia, dengan jumlah jenis mencapai sekitar 312 jenis.

Penelitian mengenai rotan telah dilakukan oleh banyak lembaga penelitian, perguruan tinggi dan beberapa industri di Indonesia maupun manca negara. Penelitian tersebut meliputi penelitian tentang botani, silvikultur, struktur anatomi, fisis mekanis, komponen kimia, ketahanan terhadap bubuk dan pengolahan serta aspek ekonomi perdagangan.

Namun demikian, informasi hasil penelitian tersebut masih terpencar pada banyak publikasi dengan aspek yang berbeda-beda sehingga sulit untuk dipelajari secara menyeluruh. Oleh karena itu disusunlah atlas rotan yang berisi informasi yang komprehensif tentang jenis-jenis rotan, sifat dasar serta kegunaannya sehingga dapat digunakan oleh para pengguna sebagai informasi dasar dalam pengelolaan rotan.

Badan Litbang Kehutanan telah menerbitkan risalah 21 jenis rotan dalam 2 jilid buku Atlas Rotan Indonesia. Risalah yang disajikan mencakup nama jenis, daerah persebaran, habitus, struktur anatomi, komponen kimia, sifat fisis-mekanis, pelengkungan, ketahanan terhadap bubuk, pemanfaatan dan silvikultur.

Pemilihan jenis rotan yang dimuat dalam atlas ini didasarkan pada jenis rotan yang batangnya telah digunakan di Indonesia, baik yang diperjualbelikan dalam skala besar untuk keperluan industri  maupun yang digunakan secara lokal oleh para pengrajin. Infomasi risalah diperoleh dari berbagai pustaka dan laporan-laporan terkini yang belum dipublikasikan, baik dari internal Badan Litbang Kehutanan, LIPI dan beberapa perguruan tinggi.

Setiap istilah teknis dalam atlas ini dijelaskan dalam daftar singkatan yang terdapat pada bagian akhir buku. Untuk lebih memahami jenis-jenis rotan dalam buku ini, setiap jenis rotan dilengkapi dengan foto batang dan foto anatomi batang, serta gambar bagian dari tumbuhan terkait.

Jilid I menyajikan risalah 10 jenis rotan yaitu: 1. Calamus manan Miq. (Rotan Manau); 2. Calamus inops Becc. (Rotan Tohiti); 3. Calamus zollingeri Becc. (Rotan Batang); 4. Calamus scipionum Loureiro. ( Rotan Semambu); 5. Calamus ornatus BL. (Rotan Seuti); 6. Calamus burckianus Becc. (Howe Balubuk); 7. Korthalsia jughunii Bl. (Howe Sampang); 8. Plectocomia elongata Bl. (Bubuai); 9. Calamus tumidus Furtado. (Rotan Manau Tikus); dan 10. Daemonorop robusta Warb. (Rotan Susu).

Jilid II menyajikan risalah 11 jenis rotan yaitu: 1. Korthalsia laciniosa Griffith ex Martius (Rotan Cabang); 2. Calamus heteroideus Blume (Rotan Cacing); 3. Demonorops draco (Wildenow) Blume (Rotan Jernang); 4. Daemonorops crinita Blume ( Rotan Lacak); 5. Calamus ornatus var. celebicus Beccari (Rotan Lambang); 6. Daemonorops hystrix (Griffith) Martius (Rotan Marucam); 7. Daemonorops sabut Beccari (Howe Sampang); 8. Daemonorops sabut Beccari (Rotan Sabut); 9. Daemonorops melanochaetes Blume (Rotan Seel); dan 10. Calamus caesius Blume (Rotan Sega). 11. Daemonorops oblonga Blume (Rotan Teretes)

Informasi detil terdapat dalam buku Atlas Rotan Indonesia Jilid I dan II yang diterbitkan oleh Pustekolah. Pada 2012 akan diterbitkan Atlas Rotan Indonesia Jilid III.

Sebagai salah satu negara penghasil rotan terbesar di dunia, masih banyak kekayaan jenis rotan Indonesia yang belum digali dan didokumentasikan informasinya. Dari sekitar 312 jenis rotan yang tumbuh di Indonesia, baru 21 jenis yang disusun risalahnya, 51 jenis yang telah dimanfaatkan dan hanya 5 jenis yang secara elit diperdagangkan, yaitu manau, batang, sega, tohiti dan irit. Untuk memenuhi kebutuhan rotan yang semakin menipis, jenis-jenis lainnya perlu dipelajari dan disusun risalahnya untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan praktis.

 

Materi terkait silahkan download pada link berikut:

  1. Atlas Rotan Indonesia Jilid I Cetakan ke-2
  2. Atlas Rotan Indonesia Jilid 2
  3. Atlas Rotan Indonesia Jilid 3

 

Hubungi lebih lanjut

Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah)

URL : http://pustekolah.litbang.dephut.go.id atau http://www.pustekolah.org 

Jl. Gunung Batu No. 5, Po. Box. 182, Bogor 16610, Telp. 0251 - 8633378 Fax.0251 – 8633413

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

 

Penulis : Priyo Kusumedi