Dientry oleh priyo - 15 January, 2015 - 11266 klik
Peta Perwilayahan Jenis Pohon Andalan untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan

FORDA (Bogor,16/01/2015)_Pada saat ini, Tim Peneliti Badan Litbang Kehutanan yang dipimpin oleh Prof.Ris.Dr.Ir. Pratiwi, M.Sc, telah berhasil membuat peta perwilayahan jenis-jenis pohon untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) untuk 9 pulau besar di Indonesia. Pulau tersebut adalah Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Maluku, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

“Peta ini merupakan peta yang menyajikan informasi spasial jenis-jenis pohon yang disertai dengan persyaratan tempat tumbuh jenis-jenis pohon tersebut. Dengan adanya informasi ini, diharapkan keberhasilan RHL akan lebih optimal,” kata Pratiwi.

“Pengetahuan mengenai kesesuaian tempat tumbuh bagi jenis-jenis pohon yang akan dikembangkan akan berpengaruh terhadap keberhasilan RHL di Indonesia. Jenis-jenis yang akan dikembangkan sebaiknya merupakan jenis lokal (jenis andalan setempat) karena secara ekologis telah sesuai dengan kondisi daerah tersebut, secara ekonomis telah diketahui manfaatnya, dan secara sosial lebih mudah diterima karena masyarakat telah mengenal jenis tersebut, “jelas Pratiwi.

Peta perwilayahan jenis pohon andalan adalah peta yang menyajikan data dan informasi spasial jenis-jenis pohon andalan di 9 pulau besar di Indonesia yang dilengkapi dengan informasi persyaratan tempat tumbuh. Peta ini disajikan dalam bentuk digital sehingga mampu menampilkan informasi lebih jelas dan menarik.

Peta digital ini dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) dan dilengkapi dengan atribut yang berkaitan dengan jenis-jenis andalan tersebut. Peta ini akan dijadikan dasar dalam penyusunan peta kesesuaian lahan jenis-jenis pohon hutan. Informasi ini diharapkan dapat dipakai sebagai landasan untuk menyusun kebijakan dan strategi pengembangan hutan tanaman

“Salah satu pendekatan untuk mengetahui kesesuaian tempat tumbuh bagi suatu jenis adalah dengan melakukan kajian mengenai jenis-jenis pohon andalan di suatu tempat, yang didukung dengan data persebaran jenis dan persyaratan tempat tumbuhnya, “ungkap Pratiwi

Selanjutnya peta perwilayahan jenis pohon andalan setempat untuk rehabilitasi hutan dan lahan ini telah dibuat atlas yang dilengkapi selain dengan persyaratan tempat tumbuh jenis-jenis pohon tersebut juga dilengkapi dengan teknik silvikulturnya. Atlas tersebut adalah Atlas Jenis Pohon Andalan Setempat Untuk Rehabilitas Hutan dan Lahan di Indonesia.

Atlas yang berupa kumpulan peta-peta mengenai jenis-jenis pohon andalan setempat di Indonesia ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna dalam pemilihan jenis-jenis pohon yang akan dikembangkan dalam rehabilitasi hutan dan lahan.  Dengan demikian diharapkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan sesuai dengan yang direncanakan.***(THS dan PKM)

 

Informasi lebih lanjut:

Prof.Ris.Dr.Ir. Pratiwi, M.Scdan Budi Hadi Narendra, S.Hut, M.Si, M.Sc

Peneliti Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi (Puskonser)

E-mail : pratiwi.lala@yahoo.com; budihadin@yahoo.com

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

 

Penulis : Tri Hastuti Swandayani dan Priyo Kusumedi