Dientry oleh priyo - 19 January, 2015 - 3146 klik
Aplikasi Animasi 3 Dimensi Anatomi Kayu

FORDA (Bogor, 20/01/2015)_Identifikasi kayu merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencapai pemanfaatan kayu yang efisien. Secara ekonomi, pengetahuan ini sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis kayu yang akan diperdagangkan, termasuk untuk menentukan nilai kayu tersebut. Tidak ada toleransi untuk melakukan kesalahan dalam mengidentifikasi kayu.

Aplikasi ini membuat pengguna dapat dengan mudah mempelajari struktur anatomi dan memungkinkan melakukan identifikasi kayu secara mandiri. Aplikasi ini merupakan alat peraga yang mampu mengejawantahkan wujud dan struktur kayu secara jelas, rinci dan menarik.

Aplikasi Animasi 3D ‘Anatomi dan Identifikasi Kayu’ ini dikemas dalam bentuk DVD yang berisi tentang ilmu anatomi kayu, manfaat ilmu anatomi kayu, identifikasi kayu, bidang orientasi, struktur anatomi kayu dan praktek identifikasi kayu serta perkembangan teknologi dalam ilmu anatomi kayu. DVD ini merupakan rangkaian dari DVD seri 1 mengenai ‘Kehidupan Pohon’ yang juga dikemas dalam bentuk animasi 3D.

Salah satu cara untuk menekan laju kerusakan hutan adalah dengan memanfaatkan kayu seefektif dan seefisien mungkin, sehingga setiap penebangan yang dilakukan telah dipikirkan manfaatnya secara matang. “Suatu jenis kayu akan dapat digunakan secara bijaksana jika kita mengenal sifat-sifat dasar yang dimiliki kayu tersebut”. Sifat dasar yang dimaksud salah satunya adalah sifat anatomi kayu.

Para mahasiswa, ilmuwan bahkan petugas pemeriksa kayu di lapangan tidak perlu khawatir lagi mempelajari struktur anatomi kayu, karena aplikasi dalam DVD ini telah menyajikan peragaan yang memudahkan pengguna mempelajarinya sehingga dapat mengindentifikasi kayu secara mandiri.

 

Informasi lebih hubungi:

Ratih Damayanti, S.Hut, M.Sc, Dra. Sri ruliaty Sutardi, M.Sc,  dan Prof.Riset.Dr. Gustan Pari, BSc. Dipl.IV, M.Si

Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Pustekolah)

Email : ratih_turmuzi@yahoo.com dan pustekolah@forda-mof.or

 

http://www.forda-mof.org/ atau http://litbang.dephut.go.id/

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

 

Penulis : Sub Bagian Data dan Informasi