Dientry oleh priyo - 04 February, 2015 - 2539 klik
Siti Nurbaya, Menteri LHK Kunjungi Breeding Centre of Anoa di Manado

BPK Manado (Manado, 05/02/2015)_ Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc pada kunjungan kerjanya di Manado, Kamis (5/2) meninjau kantor Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manado.

Hadir mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan, Sekretaris Kementerian LH, Dirjen BPDAS, Kepala Badan P2SDM Kehutanan dan Sekditjen BPDASPS. Sebagai tuan rumah turut hadir Bupati Minahasa Selatan, Ibu Christiany Euginia Peruntu, SE.

Di kantor BPK Manado, Bu Menteri diajak jalan-jalan oleh Kepala Balai, Ir. Muh. Abidin, M.Si untuk melakukan beberapa agenda, diantaranya adalah :

  1. Meninjau dan meresmikan Breeding Centre of Anoa
  2. Meninjau kegiatan Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Budidaya Jamur
  3. Penanaman dan adopsi pohon kehutanan serta penyerahan sertifikat menanam
  4. Penyerahan publikasi berupa buku-buku hasil penelitian balai
  5. Peninjauan dan penanaman bibit pohon di Persemaian Permanen kerjasama BPDAS Tondano dan Balai Penelitian Kehutanan Manado.

Setelah menerima publikasi berupa buku-buku hasil penelitian Balai Penelitian Kehutanan Manado, yaitu : Buku Tumbuhan Obat Tradisional di Sulawesi Utara Jilid I & II, Prospek Pengembangan Cempaka di Sulawesi Utara,

Prospek Pengembangan Jabon Merah, Anoa dan Habitatnya, Ekologi Hutan Pantai dan Mengembalikan Kejayaan Eboni, Bu Menteri sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Balai Penelitian Kehutanan Manado, termasuk Breeding Centre of Anoa yang baru saja beliau resmikan dan Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Untuk Budidaya Jamur.

“Kegiatan Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa untuk Budidaya Jamur memiliki beberapa keunggulan, yaitu: mengatasi pencemaran/limbah sabut kelapa, memberdayakan masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan Sulawesi Utara sangat cocok untuk pengembangan jamur,” tutur Abidin.

“Kegiatan jamur ini diharapkan bisa diaplikasikan oleh masyarakat,” ungkap Siti Nurbaya.

Dan Abidin pun menerangkan dalam waktu dekat setelah diketahui sabut kelapa dengan perlakuan mana yang optimal untuk media jamur akan disampaikan kepada masyarakat sehingga mereka bisa melakukan pemanfaatan limbah sabut kelapa sendiri yang banyak terbuang dan tidak dimanfaatkan di Sulawesi Utara.

Ditengah jatuhnya air hujan yang cukup deras, tak mengurungkan niatan Bu Menteri untuk melakukan penanaman bibit pohon eboni (Diospyros rumphii. Bakh) di depan Gedung Serba Guna Balai Penelitian Kehutanan Manado berdekatan dengan tanaman jabon merah yang sempat ditanam oleh Menteri Kehutanan sebelumnya, yaitu Bapak Zulkifli Hasan.

Kegiatan selanjutnya yaitu peninjauan Persemaian Permanen kerjasama BPDAS Tondano dan Balai Penelitian Kehutanan Manado. Di persemaian Bu Menteri meninjau beberapa kegiatan penyemaian termasuk alat yang dikembangkan oleh Pak Sarwidi, Manager Persemaian tersebut yang digunakan untuk ekstraksi benih jabon. Bersama Bu Eugenia dan Pak Hadi Daryanto, kembali Bu Menteri melakukan penanaman bibit pohon di areal persemaian permanen tersebut. ***(Rinto Hidayat)

 

Koleksi Foto

  1. Rudy Suryadi, BPK Manado
  2. BPK Manado

 

BALAI PENELITIAN KEHUTANAN MANADO

URL : http://bpk-manado.litbang.dephut.go.id atau www.balithut-manado.org

Jl. Raya Adipura  Kel. Kima Atas,  Po. Box 1390, Kec. Mapanget,  Manado 95119, Telp. 0431 - 3666683, Fax.  0431 - 3666683

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

Penulis : Rinto Hidayat