Dientry oleh Tuti - 08 February, 2015 - 2952 klik
Kepala Badan Terpikat Plot STREK di KHDTK Labanan

B2PD (Samarinda, 8/2/2015) Plot Silvicultural Tehnique for the Regeneration of Logged Over Forest in East Kalimantan (STREK) di KHDTK Labanan telah memikat dan kekaguman tersendiri bagi Prof. Dr. Ir. San Afri Awang, M.Sc, Kepala Badan Litbang Kehutanan saat melakukan monitoring dan evaluasi KHDTK Labanan yang dikelola oleh Balai Besar Penelitian Dipterocarpa (B2PD) Samarinda di Kalimantan Timur  (Sabtu, 7/2).

“Data plot STREK sangat berharga dan merupakan aset penting serta menjadi kebanggaan bagi Badan Litbang khususnya,”kata Kabadan yang menyadari bahwa sangat jarang kegiatan yang bisa mengumpulkan data penelitian secara series selama lebih dari 24 tahun (1990-2014)

Ke depan, Kabadan berharap adanya keseriusan dan komitmen bersama baik peneliti maupun manajemen untuk mengelola dan memelihara data STREK yang telah dimiliki sehingga aman dan lebih bermanfaat untuk penelitian maupun pengembangan berikutnya.

Selain itu, Kabadan berharap bahwa data STREK tersebut harus bisa menghasilkan berbagai rekomendasi teknis berdasarkan fakta di lapangan sehingga dapat menjawab segala permasalahan teknis terutama terkait pengelolaan hutan alam produksi serta kepentingan aspek lainnya (misalnya konservasi alam).

“B2PD harus berani melakukan inovasi desain penelitian untuk memberikan hasil-hasil baru yang progresif. Perlu dibuat kompilasi dan status riset dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan terutama di Plot STREK dan KHDTK Labanan untuk dapat menyusun model pengelolaan KHDTK dalam rangka mewujudkannya sebagai show window sebagai wahana penelitian, pendidikan dan pelatihan, "kata Kabadan

Diketahui bahwa Plot STREK merupakan hasil proyek kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan kehutanan (Balitbanghut) yang diwakili oleh B2PD Samarinda dengan The Centre de Coopération Internationale en Recherce Agronomique poue le Développement (CIRAD-Forét) dari Negara Perancis serta PT Inhutani I, sejak September 1989. Proyek tersebut berakhir pada tahun 1996, yang selanjutnya diserahkan ke B2PD Samarinda.

Selain mengunjungi Plot STREK, Kabadan yang didampingi oleh Dr. Ir. Rufi’ie, M.Sc, Kepala Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan (Kapustekolah) serta Ir. Ahmad Saerozi, Kepala B2PD Samarinda juga melakukan acara seremonial di Stasiun Penelitian KHDTK Labanan yang terletak di KM 35 Jalan Berau – Samarinda.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa stakeholders, diantaranya adalah PT. Nusantara Berau Coal, PT. Berau Coal, Tim Center of Orangutan Protection (COP), SMK Kehutanan Samarinda, Kepala Desa Merasak, Ketua Adat Desa Merasak dan Karang Taruna Desa Merasak.

Pada hari berikutnya, Kabadan memberikan arahan dan pembinaan pegawai lingkup B2PD Samarinda di Aula Dipta Graha Kantor B2PD, Samarinda. Dalam arahannya, Kabadan berharap bahwa penelitian harus fokus dan memiliki Lokus yang jelas serta harus terukur dan sistematis. ***MSC,TRS,FHS

 

 

Koleksi Foto

Muhamad Sahri Chair

 

BALAI BESAR PENELITIAN DIPTEROKARPA DI SAMARINDA

URL : http://b2pd.litbang.dephut.go.id atau  http://www.diptero.or.id

Jl. A. Wahid Syahrani No. 68, Sempaja, Po. Box. 1206, Samarinda, Kalimantan Timur, Telp. 0541 - 206364, Fax. 0541 - 742298

 

http://www.forda-mof.org atau www.litbang.dephut.go.id

Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan

Forestry Research and Development Agency (FORDA)

Penulis : Muhamad Sahri Chair