Dientry oleh Tuti - 03 November, 2015 - 1743 klik
Berburu Ilmu, Mahasiswa UGM Berkunjung ke Balitek-DAS Solo

Balitek-DAS (Solo, 04/11/2015)_Dalam rangka menimba ilmu dalam bidang pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), beberapa mahasiswa Univeristas Gajah Mada (UGM) Jurusan Teknologi Pertanian berkunjung ke Balai penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan DAS (Balitek_DAS) pada hari Sabtu (31/10).

Kunjungan mahasiswa UGM tersebut dikawal langsung oleh 3 dosen pengajar, yaitu Prof. Muchjidin Mawardi, M.Eng, Ir. Sukirno, MS, Dr. Ngadisih, M.Sc. Adapun tujuan kunjungan tersebut adalah untuk untuk menimba ilmu dan bertukar pengalaman. Disadari bahwa Balitek-DAS merupakan salah satu unit kerja Badan Litbang dan Inovasi (BLI) yang telah lama melakukan kajian tentang pengelolaan DAS.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Seksi Data dan Informasi, Ir. Salamah Retnowati, M.Si. Bahkan beliau mempresentasikan profil Balitek-DAS mencakup sejarah berdirinya kantor Balitek DAS, tugas pokok Balitek  DAS, ruang lingkup kegiatan dan struktur oganisasi Balitek DAS, serta hasil-hasil penelitian yang dihasilkan oleh Balitek DAS.

Mahasiswa sangat antusias mendengarkan presentasi tersebut, terutama presentasi dari Ir. Gunardjo Tjakrawarsa, M.Sc., peneliti Balitek-DAS. Beliau menceritakan pengalamannya pada saat di lapangan.

“Teori terkadang berbeda dengan kondisi asli di lapangan. Kita sebagai manusia yang mendalami keilmuwan janganlah kaku terhadap ilmu. Bersifatlah fleksibel, tanpa mengurangi dasar keilmuwan tersebut maka manfaatnya akan segera diperoleh,” kata Gunardjo

Lebih lanjut, Gunardjo berharap para mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk mau terjun langsung ke lapangan, melakukan tindakan nyata serta memiliki toleransi kepada masyarakat.

Kegiatan kunjungan tersebut diakhiri dengan diskusi serta foto bersama. ***AFA

Penulis : Angga (AFA)