Dientry oleh Tuti - 06 November, 2015 - 2034 klik
SMA Kristen IPEKA Tomang Lakukan kegiatan FLO di B2PBPTH

B2PBPTH (Yogyakarta, 06/11/2015)_Sebanyak 40 siswa dan 3 orang guru pendamping SMA Kristen IPEKA Tomang, Jakarta melaksanakan kegiatan Future Leader Observation (FLO) di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2PBPTH)di Yogyakarta, pada hari Rabu (4/11).

“Kegiatan ini bertujuan agar para siswa dapat mengenal lebih dalam mengenai keanekaragaman hayati, teknik-teknik perkembangbiakan secara vegetatif baik makro maupun mikro selain secara generatif,”kata Bapak Brama Putra, Guru Matematika dan merupakan salah satu pendamping dalam rombongan tersebut.

Lebih lanjut, Brama menyatakan bahwa kegiatan FLO ini khusus untuk kelas XII dan dilaksanakan setahun sekali. Dimana kelas biologi melaksanakan kegiatan tersebut di B2PBPTH, sedangkan kelas fisika dan kimia ke BATAN.

Rombongan tersebut disambut hangat oleh Dana Aprianto, S.Hut., M.Sc, MT, Kepala Bidang Data Informasi, yang mewakili Kepala B2PBPTH beserta staf dan peneliti. Untuk lebih mengenalkan B2PBPTH, maka Dana mempresentasikan tentang profil B2PBPTH. Selain itu, juga dipresentasikan perkembangan penelitian mengenai genetika molekuler  atau “Barcoding Dipterocarpa” yang bermanfaat untuk mengetahui asal-usul tanaman serta mendukung laboratorium (lab.) forensik di bidang kehutanan.

Siswa sangat antusias mendengarkan paparan tersebut. Dan untuk lebih menyemarakkan suasana diadakan kuis dimana apabila ada siswa yang bisa menjawab, diberi souvernir dari B2PBPTH. Selain itu, para siswa juga diajak untuk keliling lab. kultur jaringan dan genetika molekuler.

Pada lab. kultur jaringan, para siswa diperkenalkan tahap-tahap penyiapan media kultur, penanaman bahan kultur pada media, sampai dengan tahapan aklimatisasi di rumah kaca. Kegiatan tersebut dipandu oleh jaringan Ir. Toni Herawan, MP. dan Titis Budi Widowati, S.Hut., M.Sc.

Sedangkan di lab. genetika molekuler, para siswa diberi informasi tentang dasar-dasar pengolahan sampel untuk ekstraksi DNA. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Dr. Istiana Prihatini, Dr. AYPBC Widyatmoko dan Maryatul Qiptiyah, S.Hut., M.Sc.

Pada akhir kunjungan. para siswa diajak untuk berkeliling ke persemaian yang dipandu oleh Fasis Mangkuwibowo, S.Hut dan Dwi Wahyudi, Staf Kerjasama dan Pengembangan. Dimana di tempat ini, para siswa dikenalkan beberapa jenis tanaman langka dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. ***ed

Penulis : ED