Dientry oleh Rizda - 19 November, 2015 - 1913 klik
BPK Palembang Gelar Pelatihan Menulis Berita untuk Optimalisasi Website

BPK Palembang (Palembang, 19/11/2015)_Pelatihan penulisan populer (berita) menjadi salah satu langkah yang ditempuh Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Palembang sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas menulis artikel populer, khususnya berita bagi pegawainya. Hal ini dilakukan guna meningkatkan optimalisasi website instansi dalam diseminasi hasil dan kegiatan litbang BPK Palembang.

“BPK Palembang mempunyai kewajiban untuk menyampaikan hasil kerjanya kepada masyarakat, salah satu caranya adalah dengan menulis,” kata Kepala BPK Palembang, Ir. Choirul Akhmad M.E. saat membuka kegiatan Pelatihan Penulisan Populer di Ruang Rapat Tembesu BPK Palembang, Rabu (18/11).

Lebih lanjut, Choirul mengatakan bahwa artikel ilmiah yang sarat akan data dan analisis harus dikemas dalam bentuk tulisan populer. “Tulisan dan penelitian ilmiah perlu dibuat  agar mudah dicerna dan dipahami masyarakat,” kata Choirul kepada 25 orang peserta yang hadir. 

Selain dari internal BPK Palembang yang terdiri dari 2 staf dari setiap seksi, peneliti dan teknisi, pelatihan ini juga diikuti oleh Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dari 6 UPT eselon 1 lain se-Kementerian LHK lingkup Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan mengingat BPK Palembang merupakan Koordinator Wilayah (Korwil) UPT Kementerian LHK Sumatera Selatan.

Sebagai Korwil, BPK Palembang bertanggung jawab memberikan pembinaan kepada setiap UPT yang dikoordinirnya, salah satunya melalui pelatihan menulis ini. Terlebih di website BPK Palembang http://www.bpk-palembang.org/ telah disediakan menu “Regional” sebagai ruang untuk berita seputar kegiatan UPT Kementerian LHK regional Sumatera Selatan.

Choirul berharap dengan ikutnya PEH dari UPT Kementerian LHK se-Sumsel dalam pelatihan ini dapat meningkatkan kontribusi UPT lainnya dalam menulis berita seputar kegiatan instansinya masing-masing untuk menu tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari (18-19 November) ini dibimbing oleh seorang instruktur dari PT. Kaba Media Internusa, Islaminur Pempasa. Materi yang diberikan pada hari pertama, antara lain media dan berita meliputi komunikasi dan media, jenis tulisan di media, nilai berita; menulis berita meliputi piramida terbalik, 5W+H; analisis berita meliputi lead, kutipan dan angka.

Pada hari kedua dilakukan praktek menulis berita dari presentasi singkat Ir. Abdul Lukman Hakim, M.Si dengan topik "Penelitian Unggulan BPK Palembang". Materi kemudian dilanjutkan dengan topik revisi dan editing, meliputi substansi, alur, paragraf, kalimat dan pembahasan hasil editing.

Melalui pelatihan ini dihasilkan 12 tulisan yang akan diupload pada website BPK Palembang. Acara ditutup oleh Kepala BPK Palembang dengan pemberian cinderamata kepada 3 peserta terbaik yaitu Agus Sumadi S.Hut, Adi Kunarso S.Hut. M.Si, dan Wenty Irvantia S.Hut.***(Soe).

Penulis : Suningsih