Dientry oleh Rizda - 25 November, 2015 - 4888 klik
Launching ‘Wajah Baru’ Website BPK Palembang

BPK Palembang (Lubuk Linggau, 25/11/2015)_Secara resmi Kepala Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Palembang, Ir. Choirul Akhmad, ME melaunching ‘wajah baru’ website BPK Palembang di Aula Hotel Hakmaz Taba, Lubuk Linggau, Selasa (24/11). Hal ini dilaksanakan serangkaian dengan sosialisasi website Puslitbang Hasil Hutan (P3HH) pada pembukaan Alih Teknologi Hasil Hutan dan Gelar Teknologi Hasil Penelitian di Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit VI Lakitan.

“Keberadaan dan pemfungsian website BPK Palembang merupakan perwujudan tanggungjawab balai untuk memberitakan secara massiv aktivitas serta capaian yang diperoleh, khususnya dari kegiatan litbang yang dilaksanakan,” kata Choirul mengawali launching.

“Kami terbatas untuk mendatangi setiap stakeholder, namun melalui website, kami bisa menyampaikan informasi kegiatan dan hasil litbang secara cepat dan massiv kepada users,” kata Choirul di hadapan sekitar 120 orang peserta alih dan gelar teknologi yang berasal dari Pemda Kab. Musi Rawas (Mura), Dinas Kehutanan Kab. Mura, KPHP Lakitan, Penyuluh, kelompok tani dan praktisi kehutanan di Kab. Mura, serta dari Puslitbang Hasil Hutan dan BPK Palembang.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa launching ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan secara resmi kepada stakeholder dan para pengguna tentang hasil pembaharuan tampilan dan layanan website BPK Palembang. Hal tersebut merupakan output dari upaya optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan website untuk meningkatkan kualitas publikasi dan diseminasi hasil litbang.

Selain itu, launching ini juga dilakukan sesuai himbauan Kepala Bagian Evaluasi, Diseminasi dan Perpustakaan, Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Ir. C. Nugroho, M.Sc. pada Rapat Pengelolaan Website Lingkup BLI di Serpong, (13/11) lalu, setiap ada kesempatan, baik acara resmi atau event penting agar mensosialisasikan website kepada stakeholder untuk mempopulerkan dan mendorong penggunaan website masing-masing unit kerja. 

Website BPK Palembang dapat diakses di http://www.bpk-palembang.org/ dan dalam waktu dekat akan ditransformasi menjadi www.litbang.menlhk.go.id/palembang sesuai dengan Surat Edaran Setjen No. SE.14/Setjen-Pusdatin/2015 tentang Situs Web di Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Website ini sebenarnya telah dibangun dan difungsikan sejak tahun 2010 namun selama ini belum difungsikan secara maksimal, masih sebatas sarana berita kegiatan yang bersifat eventual dan seremonial. 

Secara umum, website ini hampir sama dengan website instansi lainnya. Hanya saja, ada hal baru pada menu layanannya, yaitu adanya ruang untuk proses pada menu publikasi sebagai layanan dan  media interaktif di lingkup internal balai. Proses publikasi merupakan ruang untuk bahan publikasi yang tengah dalam proses, sebelum publish, ditampilkan untuk dapat diberi masukan/perbaikan oleh peneliti, teknisi dan struktural BPK Palembang. Sub menu proses hanya dapat diakses oleh pengguna internal yang telah didaftarkan dan diberi password.

Adanya ruang proses publikasi yang bersifat interaktif lingkup internal ini diharapkan dapat mengoptimalkan manfaat website BPK Palembang, tidak hanya sebagai sarana diseminasi kepada pihak eksternal, tapi sekaligus memperkuat fungsi publikasi hasil litbang. Menu proses memungkinkan bahan/materi tulisan yang hendak dipublikasikan dapat dikawal langsung oleh semua perangkat terkait di balai tanpa harus duduk bersama dalam rapat/diskusi langsung sebagaimana sebelumnya. Dengan demikian, melalui menu tambahan pada website ini, masing-masing pihak dapat mengawal bahan publikasi dengan efektif dan efisien, baik waktu dan biaya karena bersifat paparless.

“Komunikasi adalah hal yang penting di website kami. Bapak/Ibu bisa tanya tentang apapun sehubungan hasil litbang bidang kehutanan dan juga memberikan masukan bagi upaya optimalisasi website lebih lanjut. Silahkan berkunjung dan menggunakan website kami,” kata Anita T.L Silalahi, SP., M.Si, Kepala Seksi Data, Informasi dan Kerjasama saat mempresentasikan profil website BPK Palembang.***Hendra

Penulis : Hendra