Dientry oleh priyo - 09 December, 2015 - 1708 klik
BPK Kupang dan Komunitas FI NTT Sukseskan Bulan Menanam Nasional

BPK Kupang (Kupang, 6/12/2015)_ “Kegiatan ini sangat positif dan mendidik masyarakat untuk ikut menyukseskan BMN (Bulan Menanam Nasional), maka ketika diminta untuk memberikan bantuan bibit pohon, kami meresponsnya secara positif pula.”kata Azis Rakhman, S.Hut, Kepala Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian, Balai Penelitian Kehutanan Kupang (BPK Kupang) di Taman Nostalgia Kupang, Minggu (06/12).

Azis menjelaskan bahwa musim hujan yang telah dimulai sejak awal Desember lalu akan memperbesar peluang keberhasilan tumbuh anakan yang ditanam tersebut

Lebih lanjut Azis mengapresiasi inisiatif masyarakat yang ingin menanam pohon, terutama di ruang-ruang publik seperti taman dan lahan kosong di Kota Kupang.

Kristofel Cherish Mesah, Ketua Komunitas Fotografer Indonesia Regional Nusa Tenggara Timur (FI NTT) sangat senang mendapat dukungan dari BPK Kupang dalam kegiatan ini. “Penanaman ini kami lakukan untuk mengajak fotografer dan masyarakat NTT secara umum untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan dan bersama-sama menghijaukan Kota Kupang.” Kata Kristofel

Lebih lanjut Kristofel menambahkan, agar fotografer tidak hanya memotret keindahan alam saja, melainkan dapat berkontribusi pula untuk menjaga dan menciptakan alam yang lestari.

Momentum BMN tahun ini dimanfaatkan BPK Kupang untuk mendukung upaya berbagai kelompok masyarakat yang ingin melakukan penanaman pohon. Komitmen BPK Kupang itu diwujudkan dengan memberikan bantuan berupa 100 bibit Sawo Kecik dan Tanjung yang tersedia di Stasiun Penelitian Oilsonbai kepada komunitas FI NTT untuk ditanam di Taman Nostalgia, Kota Kupang. Kegiatan penanaman tersebut dilakukan oleh lebih dari 50 orang fotografer dan perwakilan dari BPK Kupang.

Kegiatan penanaman ini dilakukan atas inisiatif FI NTT untuk memeriahkan perayaan HUT nya yang ke 4. “Selain melakukan Marathon Photo Hunt, kami juga melakukan aksi bersih pantai dan penanaman pohon pada ulang tahun kali ini,” jelas Kristofel.

Lebih jauh, kedua pihak juga berkomitmen untuk menjadikan penanaman ini sebagai agenda tahunan. “Kami berharap, penanaman ini dapat memotivasi kelompok-kelompok masyarakat lain untuk ikut menanam pohon dan menghijaukan lingkungan, khususnya di Kota Kupang,” pungkas Azis. ***BDP

Penulis : Budianto Dwi Prasetyo