Dientry oleh priyo - 03 January, 2016 - 6880 klik
Papan Konstruksi dari Batang Kelapa Sawit

FORDA (Bogor, 04/01/2016)_Untuk memanfaatkan batang kelapa sawit yang dibuang setelah produksi buahnya menurun, diciptakan impregnasi batang sawit dan kayu lapis kelapa sawit. Kedua produk merupakan metode pemanfaatan batang kelapa sawit limbah setelah produksi buahnya menurun.

Bagian tengah batang sawit yang lunak dan mudah terserang organisme perusak diimpregnasi dengan resin sehingga resin memenuhi sel-sel dan berikatan dengan sel-sel di dalam batang sawit. Batang sawit yang telah diimpregnasi dengan cara vakum tekan menjadi lebih kuat dan lebih awet untuk bahan papan konstruksi.

Batang sawit juga dapat dikupas menghasilkan venir batang sawit yang dapat disusun dan direkatkan menjadi produk kayu lapis. Venir batang sawit memiliki corak seragam tanpa mata kayu sehingga kayu lapis yang dihasilkan memiliki keseragaman warna dan karakteristik yang khas.

Pemanfaatan batang sawit akan mengurangi limbah batang sawit yang dibuang percuma setelah masa produksi buahnya selesai. Pemanfaatan batang kelapa sawit untuk bahan konstruksi melalui modifikasi batang sawit dengan resin dan sebagai kayu lapis akan meningkatkan nilai limbah batang kelapa sawit.

Keunggulan papan konstruksi dari batang kelapa sawit yaitu pemanfaatan limbah batang kelapa sawit sebagai bahan konstruksi alternative, modifikasi menggunakan resin mampu meningkatkan kekuatan dan keawetan batang sawit, dan pemanfaatan batang sawit sebagai kayu lapis meningkatkan nilai tambah batang sawit

Potensi aplikasinya yaitu limbah batang kelapa sawit yang berlimpah dapat diimpregnasi dengan resin dan/atau dibuat kayu lapis untuk mengoptimalisasi pemanfaatannya. Oleh karena itu, pengembangan pemanfaatan batang kelapa sawit untuk bahan konstruksi sangat memadai dan mempunyai prospek yang bagus dengan berlimpahnya

 

Inovator           : Jamal Balfas

Satuan Kerja     : Puslitbang Hasil Hutan

Alamat             : Jalan Gunung Batu No. 5, Po. Box. 182, Bogor 16610, Telepon. 0251 -    

                         8633378 Fax.0251 - 8633413

E-mail              : jamalbs2000@yahoo.com

Penulis : Priyo Kusumedi