Dientry oleh priyo - 08 January, 2016 - 1823 klik
FORTAM : Forest Tenurial Assesment Model

FORDA (Bogor, 08/12/2015)_Forest Tenurial Assesment Model (FORTAM) dibangun dengan kerangka berfikir yang dilandasi analisis model konflik lahan (tenurial) di antara para pihak yang berhubungan dengan hak kepemilikan lahan. FORTAM membantu menganalisa penguasaan tanah/lahan dalam kawasan hutan secara cepat. Hal tersebut disampaikan Tim Peneliti Puslitbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), Ir. Ismatul Hakim, M.Sc dan Dra.Sylviani, Bogor, Jumat (08/12).

“FORTAM digunakan untuk mengeksplorasi dan mengetahui sebab akibat, pelaku dan korban terhadap konflik yang terjadi disektor kehutanan dan sejarah penggunaan lahan serta solusi atau konsep kebijakan dalam penyelesaian konflik serta untuk menganalisa kondisi lahan disektor kehutanan yang bersengketa, tumpang tindih dengan unit analisa masyarakat, pihak pengusaha dan pemerintah yang terkait dengan sektor-sektor yang bersengketa” kata Ismatul.

Selain itu, FORTAM dapat mengetahui kepastian penguasaan lahan/tenure oleh masyarakat, pengusaha, PEMDA di kawasan hutan,”tegas Ismatul

Lebih lanjut Ismatul, tahapan menggunakan FORTAM yaitu :1 ) Mengidentifikasi sejarah kawasan; menguraikan tentang awal penunjukan kawasan oleh kehutanan, awal masyarakat menduduki kawasan, bagaimana pejabat daerah menerbitkan hak garap; 2) Mengidentifikasi perkembangan penggunaan dan pemanfaatan kawasan; menguraikan tentang pemanfaatan lahan oleh masyarakat untuk lahan pertanian, permukiman, peternakan dan fasilitas umum; 3) Mengidentifikasi dampak penggunaan dan pemanfaatan kawasan; menguraikan tentang konflik yang terjadi antara masyarakat dengan pemerintah daerah, antara pengusaha dan pemerintah pusat; dan 4) Alternatif solusi kebijakan penggunaan dan pemanfaatan kawasan menguraikan tentang beberapa anternatif solusi yang dapat direkomendasikan dalam rangka mengurangi konflik yang terjadi.

Ismatul berharap dengan adanya FORTAM, maka akan bisa membantu menyelesaikan permasalan tenurial yang ada sampai saat ini.

 Hubungi lebih lanjut :

Tim Peneliti       : Sylviani dan Ismatul Hakim

Unit Kerja          : Puslitbang Sosekjak dan PI

Alamat              : Jl. Gunung Batu No. 5, Telp. 0251-8633944, Fax.  0251 - 8634924

Penulis : Priyo Kusumedi