Dientry oleh lusi - 16 December, 2015 - 1976 klik
Program Langit Biru 2015, Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan di 45 Kota dari 33 Provinsi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengumumkan hasil Program Langit Biru 2015 di Jakarta (17/12). Berupa hasil evaluasi kualitas udara perkotaan di 45 kota dari 33 propinsi sebagai upaya menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi guna mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan. Program Langit Biru menginisiasi upaya-upaya inovatif untuk program penurunan konsumsi bahan bakar minyak sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi khususnya pengurangan penggunaan kendaraan pribadi yang pada akhirnya mengurangi beban emisi sektor transportasi. 

 
Pelaksanaan evaluasi kualitas udara perkotaan dilakukan berupa pengisian formulir data kota disamping kegiatan fisik yang meliputi uji emisi “spotcheck” kendaraan bermotor selama 3 (tiga) hari yang dilakukan terhadap 500 (lima ratus) kendaraan pribadi per hari. Kegiatan lain adalah Pemantauan Kualitas Udara Udara Jalan Raya (roadside monitoring) dan penghitungan kinerja lalu lintas (kecepatan lalu lintas dan kerapatan kendaraan di jalan raya) yang dilakukan secara serentak di tiap kota di 3 (tiga) ruas jalan arteri yang dipilih bersama dan dianggap mewakili kota tersebut. Disamping itu juga dilakukan Pemantauan Kualitas Bahan Bakar di SPBU karena kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap emisi yang dihasilkan, semakin baik kualitas bahan bakar, maka semakin sedikit pula emisi berbahaya yang dikeluarkan dari proses pembakarannya. 
 
Evaluasi kualitas udara perkotaan di 45 kota dari 33 propinsi di Indonesia ini dilakukan antara bulan Juli sampai dengan November 2015, yaitu di kota-kota sebagai berikut: 14 kota metropolitan yaitu DKI Jakarta (5 wilayah), Semarang, Surabaya, Medan, Bandung, Tangerang, Makassar, Depok, Palembang, Bekasi. 15kota besar yaitu Tangerang Selatan, Surakarta, Batam, Bogor, Malang, Balikpapan, Yogyakarta, Bandar Lampung, Denpasar, Samarinda, Banjarmasin, Padang, Pekanbaru, Manado dan Pontianak. 16 kota sedang/kecil yaitu Serang, Mataram, Kota Ternate, Kendari, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bengkulu, Mamuju, Jambi, Banda Aceh, Pangkal Pinang, Kupang, Gorontalo, Palu, Jayapura, Ambon yang merupakan Ibu Kota Propinsi.

Unduh File:

Program Langit Biru 2015, Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan di 45 kota dari 33 propinsi