Dientry oleh priyo - 19 January, 2016 - 2544 klik
Serah Terima Jabatan Kepala P3SEKPI

FORDA (Bogor, 19/01/2016)_Peranan pimpinan sangat penting dalam suatu organisasi. Selain itu, pimpinan dalam jangka waktu tertentu harus pindah posisi sehingga organisasi tersebut segar atau tidak membosankan. Begitu juga di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Menteri LHK memandang penting perpindahan posisi jabatan dalam periode tertentu. Hal ini disampaikan oleh Dr. Henry Bastaman, MES., Kepala Badan Litbang dan Inovasi saat menyampaikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Ruang Sudiarto, Kampus BLI Gunung Batu, Bogor, Selasa (19/01).

“Pada periode ini, BLI mengalami setting atau perubahan posisi juga, yaitu Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI). Dimana Dr. Ir. Bambang Tri Hartono, M.F., akan menjadi widyaiswara,”kata Kabadan.

Disadari bahwa berdasarkan Keputusan Menteri LHK No. SK. 4/MenLHK-Setjen/Peg.2/1/2016 tanggal 11 Januari 2016 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama lingkup KLHK, di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (Puslitbangsosekjakpi) terjadi pergantian pimpinan atau Kepala P3SEKPI. Dimana Dr. Ir. Bambang Tri Hartono, M.F., diganti dengan Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc.

Dalam sambutanya tersebut, Kabadan tiak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pak Bambang Tri. Beliau menyadari bahwa dalam proses migrasi KLHK ini, Pak Bambang Tri mempunyai peranan yang sangat banyak, terutama dalam kemajuan penelitian dan pengembangan.

“Banyak hal dari Pak Bambang Tri yang dapat kita serap dan kembangkan untuk kemajuan BLI. Semoga menjadi widyaiswara yang tetap berinteraksi dengan BLI. Tokoh pratama (hebat) dalam BLI dan akan terus menjadi panutan bagi kita semua,”kata Kabadan.

Selain itu, Kabadan juga mengucapkan selamat datang kepada Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc., sebagai Kepala P3SEKPI yang baru. Beliau berharap Pak Bambang Supriyanto untuk selalu berkomunikasi dengan Pak Bambang Tri terkait dengan kegiatan yang ada di P3SEKPI.

“Pak Bambang Tri telah banyak menyelesaikan kebijakan yang penting dan krusial terutama terkait ekonomi,”kata Kabadan.

Terkait, perubahan iklim, Kabadan berharap bahwa Pak Bambang Supriyanto dapat meningkatkan peranan litbang dalam perubahan iklim dengan kesepakatan yang ada.

“Masih banyak kegiatan penelitian perubahan iklim yang menjadi prioritas,”kata Kabadan.

Pada akhir sambutannya, Kabadan berharap agar BLI semakin solid dan seluruh pihak bisa menerima manfaat dari hasil-hasil litbang dan inovasi.

“Dengan 500 peneliti dengan berbagai kompetensi sebagai modal kita,”tegas Kabadan. ***THS.

Penulis : Tri Hastuti Swandayani