Dientry oleh Tuti - 26 January, 2016 - 1496 klik
Himpunan Mahasiswa UNESA Melakukan BSD di B2PBPTH

B2PBPTH (Yogyakarta, 27/01/2016)_Ilmu tak akan Anda peroleh dengan bermalas-malasan. Pepatah yang bermakna bahwa ilmu itu harus dicari atau didatangi. Pepatah inilah yang telah mendorong himpunan mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya (HMJ Biologi UNESA) untuk melaksanakan kegiatan Biology Science Development (BSD) ke Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2PBPTH) Yogyakarta, Jum’at (22/01). 

Guntur Trimulyono, S.Si.,M.Sc, Dosen pendamping sekaligus Pembina HMJ Biologi UNESA menyatakan bahwa program BSD ini merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan oleh HMJ Biologi UNESA. Program ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan cakrawala mahasiswa terhadap ilmu biologi dan penerapanya di lapangan serta dunia kerja.

Rombongan yang berjumlah 58 orang tersebut disambut oleh Ir. Eva Betty Sinaga, M.Si., Kepala Bagiaun Umum. Setelah acara ramah tamah sebentar di ruangan rapat, peserta diajak untuk berkeliling ke laboratorium Genetika Molekuler, Kultur Jaringan dan Bioenergi. Tujuanya adalah untuk mengetahui secara detil kegiatan pemuliaan serta implementasi ilmu biologi dalam aplikasi pemuliaan.

Untuk memberi pemahaman yang detil kepada setiap mahasiswa, maka rombongan dibagi menjadi 3 kelompok. Selain itu, B2PBPTH juga menyediakan pendamping atau peneliti pada setiap laboratorium yang dikunjungi. Dimana peserta bisa menanya secara detil dan bebas setiap kegiatan yang ada di laboratorium.

Setiap peserta merasa sangat terinspirasi atas ilmu atau wawasan yang diperoleh.

“Walaupun mata kuliah kultur jaringan belum didapat, kegiatan ini dapat memberi gambaran lebih jelas tentang aplikasi kegiatan kultur jaringan,”kata Fajar Eruic Firmansyah, Ketua Pelaksana Kegiatan.

Selain itu, Fajar menyatakan bahwa ilmu yang diperoleh dri kegiatan BSD ini dapat memberi inspirasi kepada para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. ***MNA

Penulis : Maya Ratnasari