Dientry oleh Tuti - 01 December, 2016 - 1313 klik
BP2TSTH Sosialisasikan Hasil Riset Lebah Madu di MEA Expo 2016

BP2TSTH (Kuok, 01/12/2016)_Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) mensosialisasikan hasil riset terkait budidaya lebah madu pada ajang pameran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Expo 2016 di Bandar Serai Purna MTQ, Pekanbaru, sabtu-minggu (24-27 Nov).

“Selain sebagai ajang promosi, kita juga ingin mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melihat salah satu peluang usaha yang dapat bersaing di MEA. Budidaya lebah madu di Riau masih terbuka lebar dan memiliki prospek yang sangat cerah,”kata Dedy Rahmanto, Kepala Seksi Data, Informasi serta sarana dan prasarana BP2TSTH.  

Disadari bahwa MEA merupakan keintegrasian ekonomi di wilayah Asia Tenggara. Dengan adanya MEA ini memungkinkan masyarakat bisa lebih mudah menjual barang dan jasa ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Hal ini menyebabkan persaingan semakin ketat.

Selain itu, adanya MEA juga akan terjadi kompetisi ketat tenaga kerja. Dimana banyak tenaga kerja asing yang bisa mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia. juga memungkinkan persaingan tenaga kerja.

“Kita ingin masyarakat mengetahui dan menguasai teknologi di bidang budidaya lebah madu ini, agar produk yang dihasilkan juga bisa menembus pasar MEA,”kata Dedy.

Lebih lanjut, Dedy menyatakan bahwa dengan berpartisipasi dalam MEA Expo 2016 ini diharapkan BP2TSTH dapat membantu masyarakat Riau dalam mencari alternatif penghasilan sehingga dapat mensejahterahkan kehidupan mereka dengan memaksimalkan potensi alam Riau dan dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip manajemen kehutanan yang berkelanjutan.

Selain di MEA Expo 2016, selama ini BP2TSTH juga rajin melakukan sosialisai hasil riset terkait bidang perlebahan dengan mengelar banyak kegiatan Alih Teknologi yang bekerjasama dengan dinas-dinas di Provinsi Riau.

Kegiatan MEA Expo 2016 yang dilaksanakan selama 4 hari ini dimulai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Sekretariat Daerah Riau, Achmad Hijazi dan didampingi oleh Ketua Umum KADIN Riau, Juni Ardianto Rachman dan Konsul Malaysia Hardi Hamdi.

Perhelatan ini digelar untuk menyambut MEA yang telah diberlakukan sejak awal 2016. Para pelaku industri baik dari swasta maupun pemerintah turut memeriahkan ajang pameran ini dengan memamerkan beragam produknya. Terlihat juga beberapa stand negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia dan Brunei Darussalam. ***FA.

 

Informasi Lebih Lanjut:

BALAI LITBANG TEKNOLOGI SERAT TANAMAN HUTAN

url : http://bptsth-kuok.litbang.dephut.go.id  atau  http://www.balithut-kuok.org

 Jl. Raya Bangkinang Kuok Km. 9, Bangkinang, Riau 28294, Telp. 0762 - 7000121, Fax.  0762 - 7000122

Penulis : Fitri Agustina