Dientry oleh Tuti - 01 December, 2016 - 1577 klik
Sistem Agroforestri, Upaya Selamatkan Kekeringan di Gunungkidul

Balitek DAS (Solo, 01/12/2016)_Untuk menyelamatkan kekeringan di Gunungkidul, Yogyakarta, perlu upaya sistem agroforestri. Hal ini diungkapkan oleh Pranatasari Dyah Susanti, S.P., M.Si., Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Surakarta.

“Penerapan sistem agroforestri di sekitar kawasan telaga di Kabupaten Gunungkidul sangat membantu ketersediaan air di musim kemarau,”kata Pranatasi.

Pranatasi mengemukakan bahwa dari 282 telaga yang ada di Kabupaten Gunungkidul  terdapat 40 telaga yang tidak kering pada saat musim kemarau.

“Hal ini dipengaruhi oleh sistem pengelolaan kawasan di sekitar telaga. Salah satunya adalah sistem agroforestri,”jelasnya.

Disadari bahwa Gunungkidul merupakan wilayah dengan topografi pegunungan. Selain itu, daerah ini memiliki kawasan karst yang merupakan salah satu segmen dari Gunungsewu atau daerah karst Pegunungan Seribu.

“Selama musim kemarau, kawasan ini sering dilanda kekeringan. Hal ini menyebabkan keberadaan danau menjadi alternatif penyimpanan cadangan air,”kata Pranatasari.

Sayangnya, di Kab. Gunungkidul ini memiliki banyak danau yang kering saat musim kemarau tiba. Oleh karena itu, Pranatasi menyarankan adanya peran agrofosrestri yang berada di sekitar danau Gunungkidul sebagai sistem manajemen danau di wilayah karst.

Lebih lanjut, Pranatasi mengemukakan bahwa keberhasilan pola agroforestri yang diterapkan tergantung pada beberapa hal, antara lain kondisi topografi, status lahan di sekitar kawasan telaga, kearifan lokal masyarakat di sekitar telaga, serta kegiatan fisik di sekitar kawasan telaga.

“Keberhasilan sistem agroforestri didukung dengan keempat hal tersebut, akan membantu masyarakat di sekitar kawasan telaga Kabupaten Gunungkidul untuk memperoleh sumber air yang berkelanjutan,”kata Pranatasi.***NE.

 

Informasi Lebih Lanjut:

BALAI LITBANG TEKNOLOGI KEHUTANAN PENGELOLAAN DAS

url : http://bpk-solo.litbang.dephut.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 - 716959

Penulis : NE/ Tim web Solo