Dientry oleh Tuti - 01 December, 2016 - 1279 klik
Atas Inisiatif Masyarakat Pulau Bangka Minahasa, BP2LHK Manado Adakan Bimtek Budidaya Jamur Tiram

BP2LHK Manado (Manado, 01/12/2016)_Umumnya, kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dilakukan atas usulan atau inisiatif dari instansi pemerintah setempat. Hal yang berbeda diperlihatkan oleh Masyarakat Pulau Bangka Minahasa. Atas inisiatif sendiri dengan bantuan LSM  Suara Pulau, mereka mengundang Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado untuk melakukan bimtek budidaya jamur dengan media limbah sabut kelapa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pulau Bangka Kab. Minahasa Utara, selama satu hari, Selasa (28/11). Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 50 warga masyarakat yang terdiri dari ibu-ibu PKK kelompok petani maupun karang taruna.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, LSM Suara Pulau telah berupaya untuk mencari informasi secara online instansi yang telah menghasil riset atau pakar dalam budidaya jamur tiram. Salah satu petunjuknya diperoleh dari BP2LHK Manado.

BP2LHK Manado sendiri melalui Kepala Seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK) Rinto Hidayat, S.Hut serta Ketua Tim Peneliti yang melakukan Bimtek Margareta Christita, S.Hut yang mengikuti acara merasa terhormat dan senang atas undangan dan antusiasme dari masyarakat pulau Bangka yang terletak di ujung Pulau Sulawesi ini.

Dalam sambutannya, Rinto  mengucapkan terima kasih atas undangan dari masyarakat pulau Bangka dan BP2LHK Manado tentunya sangat senang bisa melakukan kegiatan ini.

“Semoga dari kegiatan ini masyarakat pulau Bangka bisa memperoleh ilmu tentang budidaya jamur tiram dengan media sabut kelapa yang selama ini merupakan limbah sekaligus untuk melestarikan lingkungan,”kata Rinto.

Diketahui bahwa BP2LHK Manado sebetulnya juga rutin melakukan kegiatan gelar teknologi (geltek) maupun bimtek. Hal ini merupakan bentuk tanggungjawab kepada masyarakat  sebagai lembaga riset baik atas permintaan masyarakat maupun inisiatif dari Balai. ***MF

 

Dokumentasi: Muhammad Farid

 

 

Artikel terkait :

Kesungguhan Petani adalah kunci sukses budidaya Gaharu

Perubahan Iklim jadi Momentum melakukan sinergi Pembangunan

Pola Tanam Cempaka sebaiknya dilakukan dengan tumpangsari

Transfer hasil litbang melalui 3 Rangkaian gelar IPTEK BP2LHK Manado

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

http://manado.litbang.menlhk.go.id

http://balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : Muhammad faridh