Dientry oleh Tuti - 05 December, 2016 - 2135 klik
Peluncuran Laboratorium Pengujian Lingkungan di Riau

BP2TSTH (Pekanbaru, 05/12/2016)_Untuk mendukung kinerja instansi pemerintah di daerah, terutama unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah diluincurkan Laboratorium Pengujian Lingkungan di Riau oleh Drs. Amral Feri M.Si, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3E Sumatera), Rabu (16/11).

“Semua data lingkungan hidup harus diuji dengan hasil uji laboratorium yang sahih. Ini telah menjadi mandat kita seperti yang tertuang dalam UU 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,”kata Drs. Amral Feri M.Si,  saat membuka Launching Laboratorium Lingkungan, Daya Dukung dan Daya Tampung Serta Sistem Informasi Pelaksanaan Izin Lingkungan yang diadakan di Kantor P3E Sumatra, Panam-Pekanbaru, Rabu (16/11).

“Kita memberikan informasi mengenai lingkungan, tidak bisa hanya diuji melalui kasat mata. Jadi semua harus melalui uji laboratorium lingkungan. Daerah harus memiliki laboratorium untuk menguji,”tegas Amral.

Amral menyatakan bahwa laboratorium pengujian lingkungan yang telah dilaunchingnya tersebut mempunyai sarana peralatan untuk pemantauan kualitas air yang cukup memadai dan mampu untuk menganalisa parameter kualitas air, seperti BOD, COD, logam berat, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat peralatan memantau kualitas udara portable HVAS dan pemantauan kualitas udara otomatis AQMS.

“Kami membuka kesempatan bagi masyarakat maupun instansi di Riau untuk melakukan pengujian di laboratorium P3E,”kata Amral.

Selain itu, Amral juga membuka peluang untuk menjalin kerjasama bagi Perguruan Tinggi di Riau terkait SDM, terutama tenaga analis penguji.  Amral menyadari bahwa data yang disediakan haruslah up to date sehingga diperlukan sarana dan prasarana pendukung, seperti halnya sebuah laboratorium beserta tenaga analis penguji.

“Kami merekrut SDM yang kompeten. Hal ini kami lakukan dengan langsung menyambangi ke Universitas-Universitas untuk meminta lulusan terbaik untuk bergabung dengan P3E Sumatera,”tegas Amral.

Di pihak lain, Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si., Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) menyatakan bahwa instansinya siap bekerjasama dengan P3E Sumatera untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di P3E Sumatera, terutama laboratorium pengujian lingkungan.

“Ke depannya BP2TSTH akan berkolaborasi dengan P3E terkait pengujian sampel penelitian yang memungkinkan di laukukan di lab P3E. Sebagai contoh, untuk menganalisa sampel tanah penelitian kita harus menguji di Bogor/Jakarta yang tentu saja biaya yang dikeluarkan cukup besar,”kata Gunawan.

Gunawan berharap dengan adanya keberadaan  laboratorium pengujian lingkungan di Riau ini mampu memberikan manfaat dan membantu  mengatasi problematika lingkungan hidup dan kehutanan di Riau. ***DR.

 

Informasi Lebih Lanjut:

BALAI LITBANG TEKNOLOGI SERAT TANAMAN HUTAN

url : http://bptsth-kuok.litbang.dephut.go.id  atau  http://www.balithut-kuok.org

 Jl. Raya Bangkinang Kuok Km. 9, Bangkinang, Riau 28294, Telp. 0762 - 7000121, Fax.  0762 - 7000122

Penulis : Dedy Rohmanto