Dientry oleh Tuti - 08 December, 2016 - 1981 klik
BP2TSTH luncurkan Buku Prosiding Seminar Hasil Penelitian

BP2TSTH (Kuok, 08/12)_Dalam rangka mendesiminasikan hasil riset, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH), kembali meluncurkan satu buah buku ilmiah pada akhir tahun ini, yaitu Buku Prosiding Seminar Hasil Penelitian dengan tema “Peluang dan Tantangan Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Riau”.

“Dengan terbitnya buku prosiding seminar hasil penelitian ini, diharapkan mampu memberikan informasi dan alternatif solusi yang optimal dan berarti bagi perumusan strategi pengelolaan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan, khususnya di wilayah Riau ini,”kata Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si., Kepala BP2TSTH.

Buku ini menjelaskan secara singkat dan tegas terkait kegiatan seminar hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh BP2TSTH di Perpustakaan Daerah Soeman H.S., Pekanbaru, setahun yang lalu (29/10/2015).

Buku tersebut berisikan 10 (sepuluh) makalah dari berbagai disiplin ilmu, dengan sambutan dari Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi serta sambutan dan ucapan selamat datang dari Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau.

Selain itu, dalam buku tersebut memberikan intisari pada beragam permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan, sekaligus memberikan pencerahan bagaimana menjawab tantangan-tantangan tersebut dengan melihat berbagai peluang yang ditawarkan alam kepada manusia.

Dengan berbagai inovasi teknologi yang diciptakan, diharapkan mampu membuat manusia mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam tanpa harus mengorbankan nilai-nilai ekologis.

“Semoga, dengan tercetaknya buku ini, ilmu pengetahuan dan pemikiran-pemikiran penulisnya dapat dibagikan dan bermanfaat bagi masyarakat luas serta juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pengambil kebijakan khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,”harap Gunawan.

Disadari bahwa buku tersebut hadir sebagai salah satu ajang promosi keberadaan BP2TSTH ke publik dan juga sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban balai atas kegiatan-kegiatan penelitian yang telah dilakukannya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka Buku Prosiding Seminar Hasil Penelitian tersebut disebarkan kepada berbagai pihak, baik institusi pemerintah maupun swasta yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kehutanan maupun non lingkungan hidup dan kehutanan, perpustakaan-perpustakaan, lembaga-lembaga pendidikan dan lain sebagainya. ****FA.

 

Download Buku prosiding Seminar Hasil Penelitian!

 

Informasi Lebih Lanjut:

BALAI LITBANG TEKNOLOGI SERAT TANAMAN HUTAN

url : http://bptsth-kuok.litbang.dephut.go.id  atau  http://www.balithut-kuok.org

 Jl. Raya Bangkinang Kuok Km. 9, Bangkinang, Riau 28294, Telp. 0762 - 7000121, Fax.  0762 - 7000122

 

Penulis : Fitri Agustina