Dientry oleh Tuti - 15 December, 2016 - 1493 klik
BP2LHK Manado Bagikan Buku Tanaman Obat di Sulawesi Utara

BP2LHK Manado (Manado, 15/12/2016)_Balai Penelitian dan pengembangan Lingkungan Hidup dan kehutanan (BP2LHK) Manado memberikan Buku Tanaman Obat di Sulawesi Utara kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey melalui kepala Dinas kehutanan Sulawesi Utara, Hery Rotinsulu, Selasa (13/12). Selanjutnya, buku tersebut akan dibagikan kepada masyarakat luas, terutama masyarakat Sulawesi Utara.  

Dengan adanya informasi jenis-jenis tanaman di Sulawesi Utara yang berkhasiat untuk obat-obatan dapat memberikan pengetahuan serta keinginan masyarakat untuk melestarikan jenis-jenis tanaman tersebut.

Pembagian Buku Tanaman Obat di Sulawesi Utara ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh BP2LHK Manado untuk memeriahkan Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2016 yang dilaksanakan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Gunung Tumpa, Selasa (13/12).

Peringatan yang bertemakan “Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara” berlangsung dengan meriah dan hikmat. Pada kesemputan tersebut, Gubernur Olly berpesan agar senantiasa menjaga alam terutama hutan karena bisa mencegah dari bencana alam.

“Marilah bersama-sama kita menanam pohon karena disamping kita bisa melestarikan alam, menanam bisa menjauhkan kita dari bencana dan bisa menghasilkan devisa bagi negara sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat,”kata Olly.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Olly juga menyerahkan hadiah kepada kabupaten/kota yang memenangkan lomba menanam pohon baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten. Adapun pemenang di tingkat provinsi adalah juara 1 Kota Bitung, juara 2 Manado, juara 3 Tomohon. Sedangkan pemenang di tingkat Kabupaten, adalah juara 1 Minahasa Tenggara, juara 2 Bolaang Mongondow dan juara 3 Boltim.

Peringatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta beberapa pejabat diantaranya Walikota Manado Vicky Lumentut, Pangdam VIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, Kepala Dishut Provinsi Herry Rotinsulu beserta jajaran pejabat eselon II Pemprov Sulut dan Dishut Kabupaten/Kota.

Rangkaian kegiatan HMPI tingkat Sulut kemudian dilanjutkan dengan kegiatan menanam yang diikuti oleh seluruh rimbawan Sulut dan undangan yang hadir. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Olly menanan tanaman khas Sulawesi Utara yaitu Cempaka wasian.***MF.

 

Dokumentasi: Muhammad Farid

Artikel terkait :

Stand Kemenlhk sabet juara di Pameran Pembangunan Sulawesi Utara

Bupati Minahasa Utara apresiasi gelar IPTEK BP2LHK Manado

Festival Konservasi Sulawesi Utara 2016

Cegah Degradasi Lahan untuk Melindungi Bumi dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Gubernur Baru Sulawesi Utara dukung Anoa Breeding Center BP2LHK Manado

Berita FORDA_Gubernur Baru Sulawesi Utara dukung Anoa Breeding Center BP2LHK Manado

 ------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

http://manado.litbang.menlhk.go.id

http://balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

 

Penulis : Muhammad Farid