Dientry oleh lusi - 20 December, 2016 - 1210 klik
Komitmen dalam Menghargai Kesetaraan Gender, KLHK Naik Kelas dalam Anugerah Parahita Ekapraya

Hari ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menerima anugerah Parahita Ekapraya atas komitmen Kementerian KLHK dalam melaksanakan tiga dimensi operasional pembangunan yakni, pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak, serta pemenuhan hak-hak anak. Penganugerahan ini dilaksaakan di Istana Wakil Presiden hari ini Rabu (21/12/2016).


Jusuf Kalla yang menyambut baik pemberian anugerah ini menyatakan bahwa Indonesia jauh lebih maju dibanding bangsa lain dalam hal kesetaraan gender. Hal ini memang terbukti dari jumlah keterwakilan perempuan yang cukup besar senilai 24% dalam Kabinet Kerja saat ini, dan walaupun belum mencapai 30% namun keterwakilan perempuan dalam lembaga legislatif negara ini juga cukup besar.

Hadir menjadi penerima anugerah tersebut adalah 12 pimpinan K/L , 17 gubernur, dan 84 bupati dan walikota dari seluruh Indonesia. Dalam laporannya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengatakan, anugerah ini diberikan atas usaha K/L, pemerintah daerah dalam pengimplementasian pengarusutamaan instrumen-instrumen kesetaraan gender, perlindungan perempuan dan pemenuhan hak-hak anak.

Ada empat tingkatan dalam anugerah ini yaitu, Pratama, Madya, Utama dan Mentor. Pratama diberikan kepada K/L dan pemda yang telah berhasil meletakkan dasar implementasi kebijakan program dan kegiatan PPPA melalui pengarusutamaan gender dan hak anak, kategori Madya diberikan bagi K/L dan pemda yang dinilai telah berhasil dalam mendorong pengembangan program PPPA dan pengembangan inisiasi upaya pengintegrasian isu gender. Untuk kategori Utama, anugerah ini diberikan kepada K/L dan pemda yang dinilai berhasil dalam melaksanakan program PPPA secara berkesinambungan melalui pengintegrasian isu gender, perlindungan perempuan dan pemenuhan hak anak dalam program dan kegiatan pembangunan, untuk kategori Mentor K/L dan pemda yang mendapat anugerah ini, dinilai sebagai lembaga yang mampu melakukan inovasi dalam pengimplementasian program PPPA.

Untuk tahun 2016 ini kategori Pratama diperoleh tiga (3) kementerian, tiga (3) provinsi dan 19 Kabupaten kota, untuk kategori Madya diberikan kepada dua (2) kementerian, empat (4) provinsi dan 41 Kabupaten Kota, sementara untuk kategori Utama diberikan kepada tiga (3) kementerian, empat (4) provinsi dan 19 kabupaten kota. Untuk kategori tertinggi yaitu kategori Mentor didapat oleh empat (4) K/L, enam (6) provinsi dan lima (5) kabupaten kota.

Setelah selama dua tahun berturut-turut menerima kategori Madya, akhirnya tahun ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mampu naik kelas, dengan mengambil satu posisi pada kategori Utama. Ini menunjukkan adanya upaya dari internal KLHK untuk meningkatkan upaya pelaksanaan program PPPA dengan mengintegrasikan kegiatan dan program kementerian yang lebih sadar kesetaraan gender, perlindungan dan pemberdayaan perempuan serta pemenuhan hak-hak anak.

Untuk kategori Utama anugerahnya diberikan oleh Menteri PPPA, dan kategori Mentor anugerahnya diberikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Sementara untuk kategori Pratama dan Madya penyerahannya dilakukan pada sore harinya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.(*)

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,
Djati Witjaksono Hadi – 081375633330

Penulis : PPID, KLHK