Dientry oleh Tuti - 05 January, 2017 - 1253 klik
Boalemo Dipilih sebagai Site Project Kerjasama BLI dengan GIZ/TC

FORDA (Bogor, 05/01/2016)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit /Technical Cooperation (GIZ/TC) sepakat memilih Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo sebagai lokasi potensial sebagai site project (lokasi proyek) kerjasama antara BLI dengan GIZ/TC.

Hal ini diungkapkan pada diskusi kerjasama antara BLI dengan GIZ/TC dalam rangka pengembangan pengelolaan hutan berbasis KPH di Ruang Rapat Cendana Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH), Rabu (04/01).

Selain kesepakatan lokasi proyek, dalam diskusi tersebut juga disepakati beberapa hasil litbang atau inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh BLI dan mempunyai prospek untuk dikembangkan dalam kerjasama tersebut. Beberapa hasil litbang atau inovasi teknologi tersebut antara lain:  pemanfaatan nira aren untuk bioetanol, pengembangan budidaya sutera alam dan berbagai produk hasil hutan lainnya baik kayu maupun non kayu.

Kerjasama BLI dengan GIZ/TC ini rencananya akan dilaksanakan selama 3 tahun dari 2017-2020. Selain itu, proyek kerjasama ini akan dilaksanakan secara bersama-sama dengan Pemda Prov. Gorontalo dan Kab. Boalemo.

Diskusi yang dilaksanakan selama sehari dan dipimpin oleh Dr. Dwi Sudharto, Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH), dan dihadiri oleh kepala Pusat Litbang Sosial Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), para manajer dan peneliti lingkup BLI, beberapa perwakilan eselon I KLHK dan team utusan dari GIZ/TC dibawah pimpinan Dr. Pipin Permadi. ***DR.  

Penulis : Dede Rohadi