Dientry oleh Rizda - 06 January, 2017 - 1602 klik
Pisah Sambut Kepala BP2LHK Palembang

BP2LHK Palembang (Palembang, 5/1/2017)_Menyusul pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat Eselon III dan IV Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian LHK, Jumat (30/12) lalu, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang mengadakan acara pisah sambut Kepala Balainya yang dimutasi, Kamis (5/1).

Dalam sambutannya, mantan Kepala BP2LHK Palembang, Ir. Choirul Akhmad, ME yang dimutasi ke salah satu Puslitbang Bogor ini mengatakan bahwa promosi, mutasi dan rolling merupakan hal yang lumrah dan biasa terjadi.

“Hal ini dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja SDMnya, menguatkan kapasitas kelembagaan sekaligus memberikan penyegaran bagi pegawainya,” kata Choirul sambil menyampaikan kesannya selama menjabat Kepala BP2LHK.

“Banyak kisah senang dan susah yang saya alami selama 4 tahun saya menjabat disini. Saya mengucapkan terima kasih atas kebersamaan dan kerjasama rekan-rekan sekalian dan  mohon maaf apabila dalam menegur ada yang tidak berkenan,” kata Choirul yang akrab dipanggil Pak Choi ini.

“Hati-hati dalam mengambil kebijakan,” pesannya kepada Kepala Balai yang baru. Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa karena bertugas di BP2LHK Palembang inilah beliau banyak dikenal di pusat, karena Palembang identik dengan lahan gambut dan kebakaran.

Menanggapi hal itu, Ir. Tabroni, M.M selaku Kepala BP2LHK yang baru dalam sambutannya menyampaikan  kesiapannya bertugas di BP2LHK Palembang. “Sekecil apapun peran rekan-rekan sekalian, apabila saling membantu dan bekerjasama akan sangat bermanfaat, sehingga akan membawa perubahan positif bagi balai kita,” kata Tabroni.

Kesan atas kepemimpinan Ir. Choirul Akmad, M.E di BP2LHK Palembang juga disampaikan tamu undangan, salah satunya dari perwakilan UPT oleh Ir. Agus Wahyudiono, Kepala BPTH Sumatera. 

“Dekat di tempat, dekat di hati, begitulah Pak Choi semasa menjabat sebagai Ketua Korwil. Kapanpun dan dimanapun kita bisa berkomunikasi dan berdiskusi. Semoga dengan kepemimpinan baru, kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan,” ujarnya. 

Senada dengan itu, Iwan Setiawan, perwakilan PT. Sinar Mas juga menyampaikan hal yang sama. “Dengan saling bahu membahu dan koordinasi yang baik, kita dapat bekerjasama dan meningkatkan kinerja masing-masing institusi,” kata Iwan. 

Kesan terakhir disampaikan perwakilan pegawai BP2LHK Palembang, Sahwalita, S.Hut, M.P.   “Pergantian Kepala Balai merupakan takdir yang harus kita terima sebagai pegawai. Semoga hasil pekerjaan Pak Choi di Balai ini menjadi ladang ibadah dan amal jahriyah. Selamat jalan, apa-apa yang baik dari sini mohon diterima dengan baik, yang buruk-buruk harap dilupakan saja,” kata Lita. 

Lebih lanjut, beliau berharap agar Kepala Balai yang baru dapat memberikan bimbingan dan bersinergi untuk mencapai tujuan organisasi. 

Selain sebagai ajang pisah sambut pejabat, acara ini juga bertujuan untuk mempererat silahturahmi antara pejabat yang lama dan pejabat yang baru dengan seluruh pegawai BP2LHK dan para undangan. Di akhir acara, BP2LHK Palembang dan tamu undangan yang hadir menyerahkan beberapa cinderamata sebagai tanda terima kasih dan wujud apresiasi penghargaan atas dedikasinya selama ini.

Selain dihadiri pegawai BP2LHK Palembang dan UPT Kementerian LHK setempat, acara ini juga dihadiri tamu undangan dari berbagai kalangan, seperti LSM dan pihak swasta. Acara pisah sambut pejabat Eselon III BP2LHK Palembang ini berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan, canda tawa, sekaligus juga penuh dengan keharuan.***Fitri Agustina

Penulis : FA