Dientry oleh Tuti - 16 January, 2017 - 1948 klik
Pencanangan Hutan Darmaga Bogor sebagai Bogor Science Park

P3H (Darmaga, 13/01/2017)_Hutan Penelitian (HP) Darmaga merupakan salah satu HP yang dimiliki oleh Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dan dikelola oleh Pusat Litbang Hutan (P3H) direncanakan akan menjadi salah satu bagian Bogor Science Park (BSP).  Hal ini merupakan salah satu hasil diskusi bersama pengembangan BSP di pinggiran Situ Gede, HP Darmaga-Bogor, Jum’at (13/01).

Kabadan menyatakan bahwa Beliau mendukung pencanangan HP Darmaga sebagai BSP. Beliau berharap bahwa proses pembangunan bisa dimulai pada tahun ini (2017) sehingga pada tahun 2018 sudah selesai dan bisa dibuka untuk umum.

Hal ini didukung oleh Dr. Ir. Kirsfianti Linda Ginoga, M.Sc., Kapala P3H. Kirsfianti berharap BSP yang terdiri dari HP Darmaga dan Arboretum Gunung Batu bisa dilaunching pada Bulan Oktober 2017sehingga pada tahun 2018 bisa dibuka untuk umum.

Disadari bahwa HP Dramaga yang berjarak 7 km dari pusat Kota Bogor telah dibangun sejak 1956 dengan luas 57.75 ha. Beragam potensi yang ada di HP Darmaga, antara lain: penangkaran rusa, rumah ulat sutera, rafting di danau, camping ground, pengenalan jenis jenis pohon dan berbagai burung.

Kirsfianti menyatakan masih banyak ragam koleksi yang telah membentuk ekologi di HP Darmaga dan potensial untuk dikembangkan. Oleh karena itu, HP Darmaga layak dijadikan sebagai BSP dan bisa menjadi lokasi atau wadah untuk mengenalkan hasil-hasil litbang kepada masyarakat.

Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh sejumlah Pejabat BLI dan peneliti terkait. Pejabat BLI yang hadir antara lain Dr. Henry Bastaman, M.Es., Kepala BLI (Kabadan); Dr. Ir. Kirsfianti Linda Ginoga, M.Sc., Kapala P3H; Dr. Ir. Dwi Sudharta, M.Si, Kepala P3HH; Dr. Bambang Supriyanto, Kepala P3SEKPI; beberapa pejabat eselon 3 dan 4 di P3H serta beberapa staf P3H.

Selain itu, dalam diskusi tersebut juga dihadiri oleh tamu kehormatan yaitu Ir. Tri Joko Mulyono, M.M., Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup dan Kehutanan (P3SDM LHK).

Pada akhir diskusi, dilakukan penanaman berbagai tanaman hutan oleh peserta yang hadir dalam diskusi tersebut. Berbagai jenis tanaman hutan tersebut antara lain gaharu (Aquilaria malaccensis), Damar (Agathis dammara), rasamala (Altingia excelsa), dalbergia latifolia, kesambi (schleicera oleosa) dll. Pada kesempatan tersebut, Kabadan menanam gaharu.

Setelah acara penanaman, para peserta berkunjung ke penangkaran rusa. Ada kurang lebih 54 ekor rusa yang berhasil di tangkatkan di HP Darmaga yang terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu Rusa Sambar (Rusa unicolor), Rusa Bawean (Axiz kuhlii) dan yang paling dominan, Rusa Timor (Rusa timorensis). ***AW.

 

Informasi Lebih lanjut:

PUSAT LITBANG HUTAN (P3H)

url : http://puskonser.litbang.dephut.go.id atau  http://puskonser.or.id

Jl. Gunung Batu No. 5,  Po. Box. 165, Bogor 16610, Telp. 0251- 8633234, 520067,  Fax.  0251 - 8638111

Penulis : Ayun Windyoningrum