Dientry oleh Rizda - 17 January, 2017 - 2071 klik
Kunjungan Kerja Perdananya, Sekbadan Baru ke Manado

BP2LHK Manado (Manado, 16/1/2017)_”Kunjungan ke BP2LHK Manado ini merupakan kunjungan perdana saya ke daerah setelah 8 hari menjabat sebagai Sekbadan Litbang dan Inovasi,” kata Dr. Ir. Silvana Ratina, M.Si, Sekretaris Badan (Sekbadan) Litbang dan Inovasi mengawali sambutannya pada acara serah terima jabatan (Sertijab) dan pisah sambut Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jumat (13/1) pagi di ruang serbaguna BP2LHK Manado.

Menurut Sekbadan, keberhasilan BP2LHK Manado menjadikan anoa bunting dan bisa lahir menjadi tantangan ke depan Kepala Balai baru untuk bisa mempertahankan agar anoa yg lahir bisa terus hidup sehingga bisa muncul F1, F2 dst.

“Luasan kantor BP2LHK Manado yang mendekati 10 hektar agar bisa terus dikembangkan menjadi lokasi wisata pendidikan sekaligus ekowisata,” kata Sekbadan yang mengemban tugas dari Kepada BLI untuk mengecek perkembangan anoa di Anoa Breeding Centre (ABC) Manado.

Sekbadan yang mengecek kondisi anoa di kandang secara langsung menyempatkan diri untuk berfoto dengan anoa-anoa yang ada di ABC. Sekbadan sangat mengapresiasi ABC yang telah berhasil mengawinkan anoa secara alami.

“Walaupun belum ada anak anoa yang berhasil hidup tapi jangan patah semangat untuk tetap berusaha,” kata Sekbadan memotivasi.

Terkait peneliti, Sekbadan yang didampingi Kabag. Kepegawaian, Hukum, dan Ortala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Drs. Riharto, MM mengatakan bahwa peneliti adalah jabatan pilihan, berbeda dengan jabatan struktural.

“Tugas sebagai seorang peneliti merupakan amal jariyah, peneliti bisa menghasilkan ilmu yg bermanfaat yang merupakan amal yang tidak terputus. Untuk itu, perlu ditingkatkan sense of knowledge dan keterampilan sehingga bisa menghasilkan sesuatu yg berguna untuk balai, kementerian dan negara,” kata Sekbadan.

Ir. Dodi Garnadi, M.Si yang sebelumnya bertugas sebagai Kabid Program dan Evaluasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) menggantikan Ir. Muh. Abidin, M.Si sebagai Kepala BP2LHK Manado. Sedangkan Ir. Muh. Abidin, M.Si menjabat sebagai Kabag. Tata Usaha Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku.

Selesai SERTIJAB, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari pejabat lama yang diawali dengan pemutaran video kenangan Ir. Muh. Abidin, M.Si selama menjabat Kepala Balai BP2LHK Manado dari tahun 2014 sampai dengan 2016.

BP2LHK Manado telah melewati 3 era/generasi. Era pertama pembangunan fisik, era kedua peningkatan jejaring kerjasama, dan era ketiga peningkatan sumberdaya manusia,” ungkap Abidin. Di akhir sambutannya, Abidin berharap pada era keempat dibawah kepemimpinan Dodi Garnadi, BP2LHK Manado bisa lebih maju dan bisa tetap menjalin kerjasama dengan para mitra.

Menanggapi hal tersebut, Ir. Dodi Garnadi, M.Si, Kepala BP2LHK Manado yang baru menyampaikan kesiapannya bertugas di BP2LHK Manado.

“Kedepannya BP2LHK Manado harus bisa lebih baik lagi dan bisa tetap menjalin kerjasama dengan para mitra,” ungkap Garnadi senada dengan Abidin.

Acara yang dihadiri oleh para kepala UPT KLHK lingkup Sulawesi Utara dan para mitra kerjasama BP2LHK Manado ini diakhiri dengan pemberian cendramata bagi Kepala Balai lama yang dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada Kabalai lama dan Kabalai baru dari seluruh tamu undangan dan seluruh pegawai BP2LHK Manado.

Selesai acara, Sekbadan melakukan penanaman pohon durian di areal kantor BP2LHK Manado yang dilanjutkan dengan kunjungan ke Hutan Penelitian Batu Angus, Bitung yang merupakan hasil kerjasama antara BP2LHK Manado dengan BKSDA Sulawesi Utara.***NS

 

Artikel terkait :

Manado, Kunjungan Kerja Pertama ke Daerah Pilihan Sekbadan Baru

Berita FORDA_Sinergi Berbagai Pihak Dalam Pengembangan Anoa Breading Center BP2LHK

Tri Joko: Pentingnya Bekerjasama Untuk Mencapai Tujuan

Badan Litbang Marilah Jadi yang Mendahului

Profesionalisme dan Kebersamaan untuk Kinerja Yang Lebih Baik

Sekbadan dan Tarian Kabasaran Membuka Seminar BPK Manado 2015

Pelepasan Tukik dan Penanaman di Hutan Mangrove Sulawesi Utara oleh Jajaran Badan Litbang Kehutanan

Sekretaris Badan Litbang Kehutanan Tanam Cempaka Wasian di Arboretum BPK Manado

Berita FORDA_Keberadaan Dokter Hewan, Untuk Memenuhi Kebutuhan Perawatan & Pemeliharaan Anoa

Berita FORDA_Gubernur Dukung Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado

Anoa Breeding Centre Gagasan Konservasi Anoa                                     

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

http://manado.litbang.menlhk.go.id

http://balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : Nurhayati Samsudin