Dientry oleh Tuti - 17 January, 2017 - 1690 klik
SMA N 2 Sleman Memilih B2P2BPTH Sebagai Lokasi Belajar Di Luar Kelas

B2P2BPTH (Yogya, 17/01/2017)_Untuk menghilangkan kebosanan, SMA N 2 Sleman melakukan program belajar di luar kelas. Program ini dilaksanakan secara rutin tiap tahun. Pada tahun ini, lokasi belajar di luar kelas yang dipilih adalah Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta.

“Saya harap kegiatan ini memberikan manfaat,”kata Drs. Syukur, salah seorang pendamping SMA N 2 Sleman pada saat berkunjung ke B2P2BPTH, Yogya, Selasa (10/01).

Syukur menyatakan bahwa kegiatan belajar di luar kelas ini merupakan program bergilir tiap tahun dari masing-masing mata pelajaran. Pada tahun ini, giliran dari guru biologi dan memilih lokasi di B2P2BPTH karena sesuai dengan pelajaran biologi, seperti mengenalkan berbagai jenis tanaman hutan.

“B2P2BPTH mempunyai lokasi yang tidak terlalu jauh dari sekolah dan kami pandang dapat mengakomodir kebutuhan yang kami inginkan,”papar Syukur di sela-sela mendampingi siswanya.

Syukur menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran di luar kelas ini juga mempunyai misi untuk mengenalkan dunia kerja kepada siswa/i.

“Ke depan beberapa siswa yang ikut kunjungan ini ada yang menjadi peneliti kehutanan dan merangsang siswa untuk lebih mencintai alam atau lingkungan,” harap Syukur selaku ketua rombongan.

Syukur menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran diluar kelas ini akan selama 3 hari mulai Selasa s/d Kamis. Peserta pada hari pertama adalah siswa/siswi kelas X yang terdiri dari 4 kelas. Pada hari kedua kelas XI IPS sebanyak dua kelas, sedangkan hari terakhir adalah kelas XI IPA terdiri dari dua kelas. Secara keseluruhan dalam 3 hari kunjungan peserta berjumlah ± 240 siswa, dan didampingi oleh 7 orang guru.

Rombongan siswa/i SMA N 2 Sleman diterima langsung  oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi (DID), Lukman Hakim, S.Hut.,MP di lobby kantor B2P2BPTH. Dalam sambutannya, Lukman menyatakan bahwa B2P2BPTH yang berdiri sejak tahun 1985 ini mempunyai tugas litbang di bidang bioteknologi, konservasi sumberdaya genetik, pemuliaan tanaman hutan, silvikultur dan hama penyakit.

“Kantor ini mempunyai 3 Kelompok Peneliti (Kelti), yaitu Bioteknologi, Konservasi Sumber Daya Genetik (KSDG) dan Pemuliaan Pohon. Kelompok peneliti KSDG bertugas untuk mengoleksi materi genetik suatu jenis tanaman yang akan dimuliakan dari seluruh sebaran alam,” papar Lukman.

Lukman menyatakan bahwa tugas peneliti bioteknologi adalah memeriksa semua materi genetik yang sudah dikoleksi memiliki keragaman yang luas atau sempit. Keragaman genetik suatu jenis untuk dimuliakan adalah yang mempunyai keragaman genetik yang luas. Materi-materi genetik terbaik berdasarkan suatu parameter yang sudah ditentukan yang ada di sebaran alam kemudian oleh peneliti pemuliaan dikoleksi untuk proram pemuliaan.

B2P2BPTH Yogya menugaskan beberapa peneliti B2P2BPTH Yogya, antara lain Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut.M.Sc., Ir. Sugeng Pudjiono, MP., Ir. Mashudi, M.Sc., dan Dedi Setiadi, S.TP., M.Sc., untuk mendampingi rombongan siswa/i SMA 2 Sleman di persemaian selama 2 hari.

Rombongan siswa/i SMA N 2 Sleman sangat antusias mengikuti pembelajaran di luar kelas ini. Hal ini terlihat dari pesan atau komentar mereka.

“Disini jadi tahu lebih banyak jenis-jenis tanaman dan kegunaannya, seperti tanaman kayu putih”, kata Antalinta.

“Luar biasa kami mendapat ilmu baru, dalam mata pelajaran biologi sudah diajarkan beberapa hal di sekolah, dan di sini kami jadi tahu lebih jelas dan lengkap,” ujar Riyoga. ***MNA.

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Bioteknologi Dan Pemuliaan Tanaman Hutan

url : http://biotifor.litbang.dephut.go.id  atau http://www.biotifor.or.id

Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 15,  Purwobinangun, Yogyakarta 55582, Telp. 0274 - 895954, Fax.  0274 – 896080

Penulis : Muhammad Nurdin Asfandi