Dientry oleh Tuti - 18 January, 2017 - 1657 klik
Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, BP2LHK Kupang Membentuk English Club

BP2LHK Kupang (Kupang, 13/01/2017)_ Penguasaan bahasa asing, terutama bahasa inggris menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang guna menghadapi kompetisi global. Untuk mendukung hal tersebut, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Kupang membentuk Komunitas Bahasa Inggris/English Club (EC).

“Penguasaan bahasa asing akan membantu pegawai untuk membuka keterisoliran informasi. Pihak manajemen senantiasa mendukung para pegawai untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,”kata Ir. Edy Sutrisno, M.Sc, Kepala BP2LHK Kupang.

Lebih lanjut, Edy menyatakan bahwa ketrampilan menggunakan bahasa inggris akan memudahkan orang untuk berkomunikasi  dengan komunitas global sehingga mereka mampu memperluas cakrawala pengetahuan.

Di pihak lain, Rattah Handisa, Penggagas EC sekaligus pustakawan di BP2LHK Kupang menyatakan bahwa EC merupakan salah satu strategi promosi perpustakaan guna menjadikan perpustakaan sebagai social hub.

“Komunitas tersebut bertujuan mengembangkan rasa percaya diri para pegawai dalam berbahasa Inggris secara lisan sekaligus memfasilitasi para staf baik peneliti, teknisi maupun fungsional umum yang berminat mengasah ketrampilan berbahasa Inggris secara lisan (Speaking),”tegas Rattah.

Rattah menyatakan bahwa akan banyak kegiaatan yang akan dilaksanakan dalam EC. Dengan harapan bisa menarik peserta sehingga peserta lebih semangat mengikuti EC. Kegiatan perdana yang telah dilaksanakan adalah Seri Pelatihan Berbahasa Inggris dengan tajuk “English for Presentation” pada Hari Jum’at (13/01).

Adapun materi yang diajarkan meliputi: tehnik membuka sebuah presentasi, dan pengenalan frasa serta kosa kata yang sering dipergunakan dalam presentasi. Selanjutnya, para peserta mempraktekkan materi tersebut. Konsep acara tersebut bersifat non formal dan lokasinya bertempat di ruang terbuka hijau.

Para peserta menunjukkan antusiasmenya. Beberapa diantaranya mengungkapkan respon positif terkait acara tersebut. Mereka merasakan bahwa materi English for presentation membantu mereka mempersiapkan presentasi secara matang dan membuat meningkatnya rasa percaya diri ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris.

“Materi English for presentation membekali pengetahuan bagi saya dalam mempersiapkan presentasi dalam bahasa asing secara matang,”kata Retno Setyowati, Peneliti sosial ekonomi yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut. ****pinusa.

 

Informasi selengkapnya:

Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang

url : http://kupang.litbang.menlhk.go.id atau http://www.foristkupang.org

 Jl. Untung Surapati No. 7. PO. Box. 69, Kupang, NTT 85115, Telp. 0380 - 823357, 831068, Fax.  0380 - 831068

Penulis : Pinusa