Dientry oleh Tuti - 20 January, 2017 - 1702 klik
Kreatifitas dan Perluas Jaringan, Siasat untuk Pembiayaan Bogor Forest Science Park

P3H (Bogor, 17/01/2017)_Pembangunan Hutan Penelitian (HP) Darmaga sebagai Bogor Forest Science Park (BFSP) akan dilaksanakan atas kerjasama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Pusat Litbang Hutan (P3H). Sayangnya, pembangunan ini masih terbentur minimnya anggaran yang ada di kedua instansi tersebut. Untuk itu, perluasan jaringan serta kreatifitas sangat diperlukan untuk mensiasati minimnya anggaran tersebut.

Hal ini merupakan salah satu hasil atau komitmen yang dikemukakan pada diskusi awal rencana pengembangan BFSP di Ruang Rapat Soediarto, Kampus BLI Gunung Batu – Bogor, Senin (16/01). Diskusi ini merupakan tindak lanjut dari diskusi bersama pengembangan BSFP di pinggiran Situ Gede, HP Darmaga-Bogor, Jum’at (13/01).

“Kita membutuhkan tim yang solid dan konsentrasi penuh pada program awal ini, karena banyaknya hal yang musti dilakukan dan membutuhkan terobosan baru,”kata Dr. Ir. Kirsfianti Linda Ginoga, M.Sc., Kapala P3H.

Kirsfianti menyatakan bahwa dalam masterplan BFSP menekankan pada potensi HP Dramaga dengan koleksi 130 jenis pohon dan 147 jenis burung, rusa, ulat sutera yang berperan juga sebagai hutan kota dan area penelitian dari banyak pihak.

Di Pihak lain, Wakil dari Bappeda Kota Bogor menyatakan bahwa pembangunan BFSP ini dapat berpedoaman pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Bogor. Dalam RTRW tersebut dikatakan  bahwa Area Situgede memang merupakan daerah yang dirancang sebagai area situ untuk wisata yang perlu penataan, khususnya pemukiman yang terus berkembang.

“Diharapkan sempadan situ dapat diperluas dari kondisi saat ini yang hanya selebar 3 meter dari pemukiman,”harapnya.

Selain strategi pembiayaan, diskusi ini juga menghasilkan kesepakatan fungsi HP Dramaga sebagai area penelitian dan pendidikan tetap dipertahankan, sehingga pada saat pengembangan area tersebut menjadi area wisata pengunjung juga bisa memperoleh pengetahuan selain hiburan.

Konsep tersebut, juga dilakukan dalam pengembangan dan pengelolaan Kebun Raya Bogor dan Hutan Pendidikan Gunung Walat IPB.

Diskusi yang dilaksanakan dalam satu hari ini dihadiri oleh wakil dari Bappeda, Dinas Pemukiman, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, IPB, Kebun Raya Bogor dan serta Lurah dan Camat Bogor Barat. Diskusi dimulai dengan pemaparan oleh Kepala P3H. ****AW.

 

Artikel terkait:

Pencanangan Hutan Darmaga Bogor sebagai Bogor Science Park

 

Informasi Lebih lanjut:

PUSAT LITBANG HUTAN (P3H)

url : http://puskonser.litbang.dephut.go.id atau  http://puskonser.or.id

Jl. Gunung Batu No. 5,  Po. Box. 165, Bogor 16610, Telp. 0251- 8633234, 520067,  Fax.  0251 - 8638111

Penulis : Ayun Windyoningrum