Dientry oleh Tuti - 30 January, 2017 - 1798 klik
BP2LHK Banjabaru dan Kebun Raya Benua Berkarya Bersama dalam Pelestarian Anggrek Hutan Kalsel

BP2LHK_Banjarbaru (Banjarbaru, 27/01/2017)_Untuk melestarikan anggrek hutan di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kebun Raya Banua Prop. Kalsel bekerja sama mengeksplorasi tumbuhan anggrek di  Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan yang meliputi beberapa wilayah kabupaten yaitu kabupaten Kotabaru, Balangan, Tabalong dan Tanah Bumbu.

Diketahui bahwa Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang kaya akan spesies anggrek. Diperkirakan ada sekitar 2500-3000 spesies anggrek di hutan Kalimantan. Sedangkan jenis-jenis anggrek endemik yang ada di hutan Kalimantan Selatan antara lain : Eulophia spectabilis (Dennst)  Suresh, Oberonia microphylla Blume, Phlaenopsis modesta J.J. Sm, dll.

Sayangnya, kondisi itu telah berubah. Keberadaan anggrek di Kalimantan terancam punah karena adanya eksploitasi yang berlebihan dan tidak bijak. Hal ini disebabkan karena nilai ekonomisnya yang tinggi karena banyak kolektor yang tertarik akan keindahanannya.

Kegiatan kerjasama/eksplorasi BP2LHK Banjarbaru dengan Kebun Raya Banua ini dinilai bisa memberikan sumbangsih yang sangat berarti bagi pelestarian anggrek yang ada di Kalsel. Hal ini terlihat dalam salah satu karya bersama yang dituangkan dalam buku berjudul “Eksplorasi Anggrek Hutan Kalimantan Selatan” yang diterbitkan oleh Kebun Raya Banua provinsi Kalsel.

Diharapkan buku tersebut menjadi media untuk menambah pengetahuan mengenai ragam jenis dan keindahan anggrek hutan di Kalsel, serta dapat digunakan sebagai referensi ataupun bahan penelitian lanjutan.

Untuk mendukung pelestarian anggrek di Kalsel, hasil eksplorasi tersebut dikoleksi dan dibudidayakan di Kebun Raya Banua Prop. Kalsel.

Kerjasama yang bertujuan untuk mendukung upaya konservasi anggrek dan terdokumentasi anggrek yang ada di Kalsel, diharapkan terus berlanjut dan lebih banyak lagi jenis-jenis anggrek yang dikoleksi dan didokumentasikan.

Dalam kegiatan kerjasama tersebut, Tim BP2LHK Banjarbaru yang terlibat adalah Syaifudin (peneliti) dan Edi Suryanto (teknisi litkayasa). Sebelumnya, Syaifudin dan tim BP2LHK Banjarbaru telah melakukan eksplorasi berbagai jenis anggrek yang ada di Kalsel. Hasil eksplorasi tersebu telah dikumpulkan dan saat ini telah menjadi bahan koleksi anggrek BP2LHK Banjarbaru. ***JND.

 

Artikel Terkait:

Mengintip Koleksi Anggrek Hasil Eksplorasi BP2LHK Banjarbaru

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Banjarbaru

url : http://banjarbaru.litbang.menlhk.go.id atau http://www.foreibanjarbaru.or.id

Jl Ahmad Yani Km.28,7 Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan 70721, Telp. 0511 -4707872, Fax.  0511 - 4707872

Penulis : JND/Banjarbaru