Dientry oleh Rizda - 16 October, 2017 - 1727 klik
Tingkatkan Kualitas SDM Kehutanan, BP2TA Ciamis Bimbing PKL Siswa SMK Rimba Bahari Sumedang

BP2TA (Ciamis, 16/10/2017)_Dalam rangka berpartisipasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia kehutanan, baru-baru ini Balai Litbang Teknologi Agroforestri (BP2TA) Ciamis melakukan bimbingan praktek kerja lapangan (PKL) siswa/i SMK Rimba Bahari Sumedang. Sebagaimana diketahui, selain melaksanakan tupoksi penelitian dan pengembangan bidang agroforestri, BP2TA juga melaksanakan pelayanan data dan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi serta hasil-hasil penelitian.

“BP2TA Ciamis akan membuka diri dan memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk menerima mahasiswa atau siswa untuk mengikuti kegiatan PKL. BP2TA Ciamis bisa menjadi objek lokasi PKL,” kata Kepala BP2TA, Bagus Novianto S.Hut, MP. dalam acara penutupan PKL dan serah terima kembali siswa-siswi SMK Rimba Bahari, Sumedang, Jumat (14/10) di Aula BP2TA.

“Setelah mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan, saya berpesan adik-adik siswa untuk terus-menerus dan tidak henti-hentinya belajar sungguh-sungguh, meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri karena sumber daya manusia yang berkualitaslah yang akan jadi penentu keberhasilan pembangunan kehutanan yang berkelanjutan dan lestari,” tambah Bagus.

Sementara itu dalam kesempatan lain, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Rimba Bahari, Sumedang, Transisia Lanan, S.IP., M.Si menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap BPPTA Ciamis yang telah membina dan membimbing kegiatan praktek kerja lapangan bagi siswa-siwi SMK Kehutanan Rimba Bahari Sumedang.

Transisia mengapresiasi bahan ajar atau materi yang disampaikan oleh tim BPPTA Ciamis yaitu pengelolaan persemaian, pengelolaan kebun benih, pengenalan hutan alam serta praktek-praktek budidaya hutan.

“Semoga dapat menjadi bekal ilmu yang bermanfaat bagi siswa dan siswi kami. Siswa dan siswi kami telah belajar aplikasi teori dan praktek kerja langsung di lapangan. Itulah esensi dari PKL yaitu aplikasi teori yang didapat di ruang belajar mengajar langsung ke lapangan,” kata Transisia.

Untuk diketahui bahwa praktek kerja lapangan siswa-siswi SMK kehutanan Rimba Bahari berlangsung selama 1 bulan yang dimulai dari tanggal 18 September 2017 sampai dengan 14 Oktober 2017. PKL tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas 2 berjumlah 25 orang.

Materi Praktek Kerja Lapangan dibagi ke dalam 2 kegiatan utama yaitu teori dan praktek di lapangan. Materi yang diberikan yaitu tentang manajemen persemaian, budidaya hutan, pengelolaan arboretum, sosial ekonomi kehutanan, pengelolaan kebun benih tanaman hutan serta pengenalan jenis hutan alam.

Objek lokasi kegiatan praktek budidaya hutan, manajemen persemaian dan pengelolaan arboretum dilaksanakan di areal persemaian dan arboretum BPPTA Ciamis serta di plot penelitian agroforestri sengon-tanaman jagung dan rumput gajah di wilayah Kec. Sodonghilir Tasikmalaya.

Untuk praktek pengenalan jenis hutan alam dilaksanakan di areal hutan penelitian Cigerendeng yang didominasi oleh vegetasi hutan alam seperti Famili Dipterocarpacea. Selanjutnya untuk praktek pengelolaan kebun benih tanaman hutan dilaksanakan di areal kebun benih sengon di Desa Raksabaya, Kec. Cimaragas, Ciamis. Dan terakhir untuk praktek sosial ekonomi kehutanan  dilaksanakan di areal plot penelitian bambu di Desa Sukaharja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis.

Setelah melaksanakan kegiatan teori dan praktek lapangan, seluruh siswa dan siswi wajib mempresentasikan hasil praktek lapangan di depan tim BPPTA Ciamis serta teman siswa-siswi masing-masing. Kegiatan presentasi ini merupakan kegiatan evaluasi sebagai tolok ukur dan indikator keberhasilan siswa-siswi dalam mengikuti praktek kerja lapangan.***DK

Penulis : Diana Kusuma