Dientry oleh Rizda - 18 October, 2017 - 1219 klik
Kendalikan Kebakaran Hutan dan Lahan, BP2LHK Banjarbaru Latih Instansi Terkait dan Masyarakat

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, /10/2017)_Untuk mengendalikan kebakaran hutan dan lahan, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banjarbaru berpartisipasi memberikan materi pada pelatihan manajemen kebakaran hutan bagi masyakarat dan berbagai instansi terkait. Salah satunya pada lingkup Balai Taman Nasional dan SKPD wilayah Heart of Borneo sebagai salah satu program pada kegiatan ADB TA 8331 INO: Sustainable Forest and Biodiversity Management in Borneo.

Materi yang disampaikan antara lain bertema: kebijakan pemerintah dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan; pengelolaan kebakaran hutan dan lahan; pemberdayaan masyarakat dan pembangunan tanaman beresiko kecil kebakaran, taktik dan teknik pemadaman kebakaran hutan dan lahan; evaluasi kejadian kebakaran serta pratek pengenalan dan penggunaan peralatan tangan dan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan.

Pada kesempatan lain, peneliti dan teknisi BP2LHK Banjarbaru juga diminta kesediaannya sebagai tenaga fasilitator pada kegiatan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang diadakan PT. Buana Karya Bhakti (BKB), suatu perusahan perkebunan kelapa sawit.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembentukan dan peningkatan kemampuan regu pemadam kebakaran di PT. BKB. Selain diikuti oleh regu pemadam internal di PT. BKB, kegiatan ini juga diikuti oleh regu MPA (Masyarakat Peduli Api) yang berasal dari masyarakat sekitar lokasi kebun  PT. BKB. Jumlah peserta dalam pelatihan ini sejumlah 75 orang.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 September 2017 bertempat di Hotel Aston Balikapapan, peserta pelatihan berasal dari perwakilan Taman Nasional Kayan Mentarang, Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum, Dishut Prop. Kalteng, Dihut Prop. Kalbar, KPHP Kapuas (Kalimantan Tengah) dan Kab. Kapuas Hulu (Kalimantan Barat) dengan jumlah peserta 20 orang.

Proses pembelajaran dalam pelatihan ini berupa teori dilaksanakan di dalam kelas, diskusi dan praktek lapangan berupa praktek penggunaan peralatan tangan dan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan.

Sebelum kegiatan pembelajaran, dilakukan pre test untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta pelatihan tentang kebakaran hutan dan lahan, dan tak lupa post test setelah proses pelatihan selesai dilaksanakan sebagai evaluasi bagi tim pengajar.

Pada kesempatan ini, pemateri yang mewakili BP2LHK Banjarbaru yaitu Dr. Acep Akbar (Peneliti) dan Eko Priyanto, S.Hut (Teknisi hari, pada 4-5 Okober 2017 di Base Camp PT. BKB di Kec. Satui Kab. Tanah Bumbu Prop. Kalimantan Selatan. Adapun pemateri yang berasal dari BP2LHK Banjarbaru yaitu Dr. Acep Akbar (peneliti), Isa Anwar (teknisi), Junaidi (mekanik) dan Eko Priyanto, S.Hut (teknisi litkayasa).

Sama seperti pelatihan sebelumnya, proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pelatihan ini berupa pemberian teori dan diskusi serta pembelajaran di lapangan berupa praktek penggunaan peralatan tangan dan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan serta simulasi pemadaman dengan teknik estafet.***

Penulis : Tim website