Dientry oleh Rizda - 23 October, 2017 - 1411 klik
Kunjungan Balasan ke Kantor B2P2BPTH Yogyakarta, Mahasiswa UKDW Lihat Langsung Aplikasi Bioteknologi

B2P2BPTH (Yogyakarta, 20/10/2017)_Untuk melihat langsung aplikasi bioteknologi dalam kegiatan litbang di bidang kehutanan, Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) melakukan kunjungan ke Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta.

“Rombongan 90 mahasiswa UKDW ke kantor ini merupakan kunjungan balasan atas partisipasi B2P2BPTH dalam pameran Bio Tech Expo 2017 yang kami selenggarakan pada bulan September 2017,” kata Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bioteknologi UKDW di selasar kantor B2P2BPTH Yogyakarta, Rabu (18/10).

Menurut Aniek, ke depan diharapkan kerjasama tentang bioteknologi antara B2P2BPTH dengan UKDW bisa terus terjalin. Dengan demikian mahasiswa dapat memperluas pengetahuannya tentang bioteknologi, terutama perkembangan aplikasinya untuk menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

Rombongan diterima oleh Lukman Hakim, S.Hut., MP. yang menjelaskan secara singkat tentang kegiatan penelitian dan pengembangan di B2P2BPTH.

“Kami telah mengaplikasikan ilmu bioteknologi tidak hanya untuk mendukung pemuliaan pohon, namun beberapa tahun ini sudah ke arah DNA forensik untuk mendukung penegakan hukum tindak satwa liar,” kata Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi (DID) ini.

Setelah paparan, dilakukan pembagian doorprice dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa tentang apa yang dipaparkan oleh Kepala Seksi DID. Hadiah berupa berbagai macam souvenir  B2P2BPTH yang diberikan kepada mahasiswa yang dapat menjawab benar pertanyaan kuis.

Dalam kunjungannya, mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diterima oleh peneliti dan timnya. Kelompok 1 ke Lab. Kuljar diterima oleh Dr. Toni Herawan, MP dan Fithri Ardhany, S.Hut, M.Sc. Kelompok 2 ke Lab. Genmol disambut oleh Dr. Istiana Prihatini, S.Si.,M.Sc. Sedangkan Eritrina Windyarini, S.Hut,M.Sc menerima kelompok 3 di Lab. Bioenergi dan kelompok 4 berkunjung ke persemaian yang disambut oleh Ir. Sugeng Pujiono, MP.

“Saya merasa berkesan dan dapat menambah wawasan tentang bioteknologi sehingga yakin akan berkarier di dunia bioteknologi jika kelak lulus kuliah” kata Basaria Fransiska salah seorang mahasiswa UKDW.

Sedangkan menurut Dlein Anjelin Lambehe, mahasiswa yang lain mengatakan bahwa banyak pelajaran yang didapat dari kunjungan ilmiah ini. “Kami belajar banyak dari para peneliti yang baik dalam menjelaskan tentang hasil litbang di kantor ini,” kata Dlein.***BW

Penulis : Edy Wibowo