Dientry oleh Rizda - 26 October, 2017 - 1481 klik
Memperluas Sudut Pandang Siswanya, SMK 3 Baleendah Bandung Berkunjung ke B2P2BPTH

B2P2BPTH (Yogyakarta, 23/10/2017)_Dalam rangka memperluas sudut pandang siswa-siswinya, SMK 3 Baleendah Bandung berkunjung ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) Yogyakarta, Kamis (19/10).

Ade Sutadi, SP.,MM., guru pendamping dalam kunjungan tersebut menjelaskan bahwa tujuan utama kunjungan tersebut agar para siswa dapat melihat bidang pertanian dalam arti yang luas. Selama ini ada asumsi bahwa bidang pertanian itu hanya sebatas kegiatan budidaya tanaman pertanian saja.

“Harapan saya, setelah mereka pulang dari berkunjung ke B2P2BPTH ini para siswa sebagai generasi penerus memiliki rasa kepedulian dan mencintai Indonesia sebagai negara agraris,” kata Ade saat memberikan sambutan di ruang rapat B2P2BPTH Yogyakarta.

Ade beserta guru-guru yang lain juga selalu berpesan kepada para siswa agar kita tidak kalah dari negara lain, yang tanahnya tidak begitu luas namun teknologi pertaniannya begitu hebat.

Kunjungan SMK 3 Baleendah ini diikuti 91 siswa kelas 10 dan 6 guru pendamping. Rombongan diterima oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi, Lukman Hakim, S.Hut.,MP yang menjelaskan secara singkat tentang kegiatan penelitian dan pengembangan di B2P2BPTH.

Setelah paparan, dilakukan doorprice dengan memberikan sejumlah pertanyaan kepada peserta tentang beberapa hal yang dipaparkan sebelumnya. Hadiah berbagai macam souvenir  B2P2BPTH diberikan kepada peserta yang bisa menjawab kuis.

Di sesi inti, siswa yang berkunjung dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok 1 ke Lab. Bioenergi diterima oleh Eritrina Windyarini, S.Hut, M.Sc, kelompok 2 ke persemaian dibimbing oleh Hamdan Adma Adinugraha, S.Hut.,M.Sc. dan kelompok 3 berkunjung ke arboretum dan persemaian oleh Ir. Sugeng Pujiono, MP.

Della, salah seorang siswa mengatakan dengan adanya kunjungan ini dia lebih memahami tentang ilmu tanaman, rumah kaca, persemaian, pembibitan dan manfaat beberapa tanaman hutan.

“Saya mendapat wawasan baru dalam hal pengembangan energi dari biodisesel,” kata Diana, siswa lainnya.***MNA

Penulis : M. Nurdin Asfandi