Dientry oleh Rizda - 26 October, 2017 - 1315 klik
Pelatihan Kesiapan PSP dan Pengukuran Karbon Hutan untuk Skema FCPF Carbon Fund 2017

B2P2EHD (Samarinda, 25/10/2017)_Melanjutkan kegiatan tahun 2016, Pelatihan Kesiapan Pembangunan Plot Sample Permanen (PSP) dan Pengukuran Karbon Hutan di Kalimantan Timur untuk Skema FCPF Carbon Fund kembali dilakukan di tahun 2017. Kegiatan tahun ini akan dilakukan pada beberapa lokasi baru dan melibatkan beberapa instansi tambahan atau personel yang berbeda dibandingkan tahun 2016.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas pihak-pihak yang belum mengikuti pelatihan pada tahun sebelumnya serta para ketua tim, mengenai pembangunan PSP, pengukuran dan penghitungan karbon hutan secara menyeluruh, konsisten dan sistematis. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari, 16-17 Oktober 2017 di Hotel Aston Samarinda ini diikuti oleh 40 orang peserta.

Sambutan Kepala Balai Besar Litbang Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) yang diwakili oleh Kepala Bidang DIK pada pembukaan pelatihan mengatakan menyambut baik diadakannya Pelatihan Pembangunan PSP ini. Menurutnya, PSP merupakan salah satu kegiatan dalam program Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang kandungan karbon pada berbagai fungsi tipe tutupan lahan hutan di Indonesia.

Provinsi Kalimantan Timur dipilih sebagai lokasi pembuatan PSP karena Kaltim telah melaksanakan skema Carbon Fund. Beberapa inisiatif telah dilakukan di beberapa kabupaten terkait pembangunan PSP, seperti TNC di Berau, WWF di Mahakam Ulu, GIZ di Kutai Barat. Sedangkan Pembangunan PSP untuk pemantauan karbon hutan akan dilakukan di berbagai tipe ekosistem hutan dan penggunaan lahan di Provinsi Kalimantan Timur yang masih memerlukan informasi dan data stok karbon.

Pada tahun 2016 telah dilakukan Pembangunan PSP sebanyak 159 di 8 kabupaten/kota. Pada tahun 2017 ini direncanakan akan dibangun 160 PSP tambahan dengan melibatkan berbagai Instansi. Pemahaman yang menyeluruh mengenai definisi dan metode pengukuran karbon diperlukan dalam pelaksanaan pembangunan PSP, pengukuran dan pemantauan karbon hutan di Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan atas kerjasama antara B2P2EHD dengan Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI). Kegiatan pelatihan diisi dengan materi Pengenalan tentang FCPF, pemahaman tentang system MRV perhitungan karbon, pembangunan PSP, pengukuran karbon, dan aplikasi database pemantauan karbon hutan. Koordinator Lapangan Pembuatan PSP adalah  Rahimahyuni Noor’an, S.Si, M.Si  Peneliti B2P2EHD.***HRA

Penulis : HRA